Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

RS AL-Arif Layani Pasien Gagal Ginjal

77
0
CUCI DARAH. Salah satu pasien hemodialisa menjalani cuci darah di RS Al-Arif Kabupaten Ciamis Kamis (8/8). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Rumah Sakit Al-Arif di Jalan RE Martadinata Kecamatan Baregbeg membuka layanan cuci darah (hemodialisa) untuk pasien gagal ginjal.

Saat pembukaan layanan cuci darah, Kamis (8/8), ada satu pasien pertama yang melakukan layanan untuk pasien gagal ginjal itu. Pasien tersebut adalah peserta BPJS Kesehatan.

Direktur RS Al-Arif dr Aditia Nugraha menjelaskan tujuan pembukaan layanan hemodialisa yaitu untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan cuci darah.

“Secara umum kami saat ini telah memiliki empat unit (alat cuci darah, Red) dan satu untuk cadangan. Ditakutkan yang tiganya mesin ada trouble (gangguan, Red) saat pelayanan hemodialisa,” ujarnya kepada wartawan di lantai tiga RS Al-Arif, Ruang Hemodialisa.

RS Al Arif juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. “Sesuai dengan moto kami dari Rumah Sakit Al-Arif, maju, mandiri, aman, jujur dan unggul,” ujarnya.

Dalam rencana jangka pendek, kata dr Aditia, RS Al Arif akan menyediakan 17 unit mesin hemodialisa.

“Untuk saat ini, tahap awal kami telah siapkan sebanyak empat unit mesin hemodialisa terbaru,” ucapnya.

RS Al Arif, kata dr Aditia, telah memiliki tenaga -tenaga ahli di bidang hemodialisa. Dengan demikian, warga tidak perlu khawatir berobat di rumah sakit yang dia pimpin tersebut.

RS Al Arif, kata dr Aditia, telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jadi bagi pasien yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, pembiayaan cuci darah ditanggung pihak BPJS Kesehatan.

“Untuk itu kami sangat memerlukan dukungan dari seluruh komponen masyarakat khususnya masyarakat Ciamis untuk mendukung terselenggaranya kelanjutan jangka panjang sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien hemodialisa,” kata dia.

Sepengetahuan dr Aditia, pasien hemodialisa di Ciamis banyak.

“Makanya sekarang kami juga siap melayani dan sudah ada tenaga ahli yang membidanginya,” ujarnya membeberkan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.