RS Dewi Sartika Kawalu Kota Tasik Belum Dipakai Pasien Covid-19

52
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com
Loading...

BUNGURSARI – Rumah Sakit Dewi Sartika di Kecamatan Kawalu, tak kunjung digunakan sebagai rumah sakit darurat Covid-19. Sebab, Pemkot masih menunggu kepastian RSUD dr Soekardjo yang akan menjadi operator rumah sakit darurat tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat mengatakan rumah sakit darurat nantinya beroperasi dibawah naungan rumah sakit rujukan Covid-19 yakni RSUD. Kesiapan dari operator sendiri, sangat penting supaya

pengoperasionalannya berjalan dengan prima. “Kami masih menunggu kepastian dari RSUD yang nantinya akan mengoperatori rumah sakit darurat Covid-19 itu,” katanya kepada Radar, Rabu (13/1).

Baca juga : Awal Februari, 4.000 Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Tasik

Uus menjelaskan secara umum dari sisi kelayakan bangunan dan sarana yang ada. RS Dewi Sartika terbilang sudah siap.

loading...

Kebutuhan pengoperasionalannya pun terbilang harus sudah dijalankan mengingat isolasi pasien saat ini hanya bisa menampung sekitar 200 orang saja. Tersebar di RSUD, Hotel Crown serta rumah sakit swasta.

Sementara Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Universitas Siliwangi (Unsil) tidak lagi digunakan untuk tempat isolasi. “Kita koordinasi dengan RSUD kapan mau dijalankan. Kalau RSUD siap, itu sudah bisa dipakai,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah kasus aktif Covid-19 sampai saat ini masih berada diatas 400 kasus. Berdasarkan data sampai dengan Rabu (13/1) terdapat penambahan kasus baru konfirmasi sebanyak 83 orang.

Sebelumnya akumulasi mencapai 2.561, saat ini mencapai 2.644 kasus. “Per hari ini tersisa 491 kasus, sebelumnya 464 sebelum ada penambahan konfirmasi baru,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Direktur Umum RSUD dr Soekardjo H Deni Diyana menuturkan pihaknya belum bisa memastikan kapan RS darurat bisa beroperasi. Sebab, berdasarkan informasi yang ia terima dalam mengoperatori rumah sakit tersebut memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) tersendiri.

“Belum, besok akan kami pastikan dan cek kembali sejauhmana persiapannya,” singkat Deni.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.