RSUD Banjar Bisa Tangani Pasien Jantung Koroner

207
0
ISTIMEWA. TINDAKAN MEDIS. Dokter spesial jantung melakukan tindakan medis kepada pasien BPJS Kesehatan di ruang tindakan Cath Lab RSUD Kota Banjar.
ISTIMEWA. TINDAKAN MEDIS. Dokter spesial jantung melakukan tindakan medis kepada pasien BPJS Kesehatan di ruang tindakan Cath Lab RSUD Kota Banjar.

BANJAR – Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengaku bangga dengan pelayanan terbaru jantung koroner di RSUD Kota Banjar. Terlebih pasien BPJS Kesehatan bisa berobat gratis.

”Bayangkan dengan iuran rutin BPJS setiap bulan pasien jantung bisa berobat gratis di RSUD Kota Banjar dengan pelayanan yang sama dengan di rumah sakit di Bandung. Ini prestasi bagi kita semua dan bagi daerah. Kita sudah memiliki pelayanan yang luar biasa. Di Priangan Timur saja, baru kita (Banjar) uang memiliki Cath Lab hingga pemasangan ring jantung yang bisa di-cover BPJS Kesehatan,” kata Hj Ade Uu Sukaesih, Senin (25/11).

Ia kembali lagi menegaskan, prestasi ini merupakan kerja keras bersama, khususnya pihak RSUD Kota Banjar yang sudah berjuang selama dua tahun untuk menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Jika tidak di-cover BPJS, biaya pelayanan ini kan sangat mahal bisa mencapai ratusan juta. Kita bersyukur dan berbangga hati ya karena sekarang Kota Banjar rumah sakitnya punya pelayanan yang bagus, modern, dan gratis. Gratis bagi pasien BPJS Kesehatan. Manfaatkan fasilitas itu sebaik-baiknya. Ibu juga mendorong rumah sakit yang lainnya di Kota Banjar harus punya pelayanan yang sama,” kata dia.

Direktur RSUD Kota Banjar drg. Eka Lina Liandari, M.MRS melalui Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kota Banjar Purkon SKep, Ners, MM Kes, MH.Kes mengatakan pihaknya sudah menandatangani kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kerja sama tersebut untuk pelayanan pasien dengan pemegang kartu JKN KIS dari BPJS Kesehatan. Mereka akan mendapatkan pelayanan di RSUD Kota Banjar.

Lebih lanjut, kata dia, pelayanan kateter jantung & angiografi (Cath Lab) adalah tindakan medis atau prosedur diagnostik invasif. Fungsinya untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung atau koroner. Melalui prosedur ini, dapat diketahui jenis tindakan yang sesuai bagi pasien, sehingga dokter dapat merekomendasikan tindak lanjut pengobatan yang mana tergantung dari hasil angiografi.

“Tindakan termasuk pasang ring jantung, intervensi dengan balon, atau tindakan operasi bypass. Kateter jantung di RSUD Banjar dilakukan dengan dukungan fasilitas yang mumpuni dan dokter spesialis jantung yang berpengalaman, sehingga deteksi jantung koroner dapat dilakukan dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Pasang ring jantung dapat dilakukan di RSUD Kota Banjar,” jelas dia. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.