RT dan RW Di Kota Tasik Dituntut Profesional

275
0
APRESIASI. Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf SIK SH memberikan cendera mata kepada Ketua Umum ARWT Odang Saepudin di Hotel Crown, Jumat (16/11).
Loading...

CIPEDES – Ketua RT dan RW tidak dilarang ikut dalam kontestasi pemilu. Baik sebatas simpatisan maupun menjadi caleg. Namun demikian, mereka harus tetap profesional dalam menjaga kondusivitas di lingkungannya.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf SIK SH menjelaskan Ketua RT dan RW merupakan tonggak informasi di masyarakat. Aparat kepolisian pun akan banyak meminta data dan informasi untuk berbagai keperluan, termasuk pengamanan. “Maka dari itu, RT dan RW harus aktif terlibat dalam upaya menjaga kondusivitas,” ungkapnya saat silaturahmi bersama Asosiasi RW dan RT (ARWT) Kota Tasikmalaya di Hotel Crown, Jumat (16/11).

Maka dari itu, dia menekankan khususnya di masa pemilu, RT dan RW aktif melakukan komunikasi dengan masyarakat. Supaya ketika muncul informasi potensi konflik, bisa segera dicegah bekerja sama dengan Babhinkamtibmas dan jajaran polresta. “Jadi kita bersama-sama untuk menjaga kondusivitas,” tuturnya.

Ketua Umum ARWT Odang Saepudin mengatakan sebagian Ketua RT dan RW memang mencalonkan diri dalam perhelatan pileg. Namun demikian, hal itu tidak menggugurkan kewajibannya dalam membantu pemerintah dan aparat kepolisian dalam menjaga kondusivitas. “Di setiap kecamatan ada yang jadi caleg, tapi insyaallah akan profesional,” terangnya.

Dia pun mengimbau kepada Ketua RT dan RW yang jadi simpatisan parpol atau caleg supaya tidak melakukan kampanye yang bisa memicu konflik. Jangan sampai kepentingan politik memengaruhi mereka untuk melupakan tugas dan tanggungjawab membantu masyarakat. “Jangankan RT RW, TNI, Polri dan PNS juga tidak mustahil disusupi politik, jadi harus waspada,” imbuhnya.

Loading...

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga deklarasi damai dalam menghadapi Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019. Kapolres juga memberikan cendera mata sederhana sebagai bentuk penghargaan kepada ARWT. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.