Beranda Banjar RT dan RW Diminta Pelototi Pelaksanaan Pilkada

RT dan RW Diminta Pelototi Pelaksanaan Pilkada

28
0
BERBAGI
Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya ARAHAN. Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu Bawaslu Provinsi Jawa Barat H Tulus Arifan SIP, MSi mengajak ketua RT/RW ikut berperan serta dalam mengawasi dan menyukseskan Pilkada Serentak 2018. Jumat (12/1), ketua RT dan RW diberikan pemahaman oleh Panwaslu.

BANJAR – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mengajak RT dan RW bersama-sama mengawasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Hal itu terungkap saat sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Masyarakat Dalam Rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Serta Wali Kota Dan Wakil Wali Kota di Pusdai Kota Banjar Jum’at (12/1).
Ketua Panwaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman mengatakan kegiatan itu diikuti 100 ketua RT/RW se-Kecamatan Pataruman. Mereka diberi pemahaman mengenai batasan-batasan yang dapat menimbulkan pelanggaran dalam Pilkada Serentak 2018. Nantinya diharapkan para ketua RT dan RW ini dapat menyampaikannya kembali kepada masyarakat.
Dia menerangkan salah satu pengawasan yang bisa dilakukan yakni soal pemasangan alat peraga kampanye. Bila ada pemasangan alat peraga oleh tim sukses pasangan calon pada malam hari, itu jangan dirusak karena salah satu bentuk pelanggaran. Termasuk bila ada yang memasang di depan rumah warga. “Jika ada hal yang seperti itu langsung lapor ke Panwaslu kota atau panwas kecamatan sekitar atas temuan tersebut. Langsung akan kami tindak,” tegasnya.
Selain itu, kata dia, masyarakat juga diminta mewaspadai terjadinya politik uang. Dia meminta masyarakat jangan terlena dengan bujukan tersebut. “Karena berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016, siapapun yang melakukan hal tersebut dapat menyeret kedua belah pihak antara pemberi dan penerima. Maka masyarakat harus lebih waspada,” tuturnya.
Kasubag Teknis Pe­nye­leng­garaan Pengawasan Pemilu Bawaslu Provinsi Jawa Barat H Tulus Arifan SIP, MSi menambahkan ada beberapa gambaran umum dalam mengawasi pelaksanaan pemilihan gubernur/wakil gubernur dan wali kota dan wakil wali kota, salah satunya yaitu peran masyarakat. “Masyarakat sangat berperan penting dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada. Bukan hanya memilih, tapi juga harus ikut mengawasi jalannya pemilihan,” jelasnya. (nto)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here