Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.3%

20.4%

8.3%

67%

RT Siaga se-Kecamatan Jamanis Tasik Terima Operasional Rp500 Ribu, Terima Kasih Pa Bupati!

364
1

JAMANIS – Ratusan Ketua RT se-Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya menerima bantuan operasional sebesar Rp500 ribu.

Ketua RT 03 RW 04 Cihamirung Desa Karangsembung, Suganda mengaku bersyukur atas perhatian yang telah diberikan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terhadap para ketua RT, termasuk dirinya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pa bupati yang telah memberikan bantuan operasional berupa uang tunai. Mudah-mudahan bantuan ini dapat berlanjut,” ujarnya kepada Radar, Kamis (14/5).

Kepala Desa Karangsembung, Yono Jaya Pranomo mengaku bersyukur bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya ini yang diperuntukan bagi para RT untuk operasional selama Covid-19 sebesar Rp500 ribu.

“Kami tidak akan memberikan bantuannya hari ini, namun akan melihat terlebih dahulu kegiatannya. Harus ada dokumentasinya, nanti akan ada dua tahap. Sekarang setengahnya, setelah ada kegiatan lain nanti setengahnya lagi. Tanpa potongan sepeser pun dari pihak desa,” kata dia.

Yono mengaku, operasional tersebut pasti akan diberikan kepada para ketua RT.

Semua ketua RT berkumpul dan mereka menyetujui, bahkan harus ada dokumentasi kegiatan agar laporan ke kecamatan lebih gampang dan otentik.

Nanti, ujar dia, RT yang mengkondisikan, hanya saja yang penting kegiatan RT nya harus ada. Lalu hak-hak para RT utuh diberikan.

“Hanya saja ingin melihat kegiatannya dulu. Agar lebih terangsang apalagi menghadapi lebaran harus bersih-bersih jalan dan siap-siap jika ada yang datang dari kota, harus laporan,” kata dia.

Sementara itu, terkait adanya RT yang ingin diberikan HP, Yono menanggapi jika itu merupakan kebutuhan mereka.

Hanya saja keinginan adanya HP itu ditujukan ke bupati. “Mudah-mudahan bupati merealisasi aspirasi para ketua RT. Pasalnya itu memang kebutuhan untuk komunikasi antata RT dengan kepala Desa,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Condong Yoyon Suryana, mengatakan pihaknya langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada para RT.

“Kita langsung serahkan bantuan operasional ke para ketua RT, setelah terima dari Pemkab,” katanya.

Kepala Desa Bojonggaok Deni Jaelani, mengucapkan terimakasih bantuan dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam meringankan dan membantu tugas dari RT siaga itu sendiri.

Karena tanpa ada RT siaga dengan posko relawan dari kemensos sudah terangkum. “Apalagi ada penguatan lagi berkaitan dengan RT siaga itu dari arahan bupati yang di SK kan oleh saya sebagai kepala desa,” kata dia.

Drs. Nana Heryana MM perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, ini suatu bentuk kepedulian pemerintah karena sudah dibuatkan RT Siaga.

Sehingga pemerintah daerah menetapkan bahwa perlu memberikan support untuk bisa melaksanakan tugas.

Karena beban RT cukup besar, apalagi sekarang tim gugus baik desa maupun kecamatan dan kabupaten bertumpu sumber datanya dari ke RT-an.

“Sekarang ini pemudik itu tidak terkendali, siapapun yang datang pasti datang dengan berbagai macam cara. Sehingga Garda yang terdepan untuk mencari informasi bahwa yang datang pemudik itu adalah RT,” paparnya.

Dengan dibentuknya RT siaga ini merupakan salah satu modul yang memang betul-betul efektif dan efisien.

Tidak hanya sekedar membuat cek poin tapi tanpa dengan mendata itu sumber data silangnya sangat jauh.

Kalo ada di cek poin ada berapa ratus daerah dan berapa ratus RT. Sehingga yang digunakan adalah efektifitasnya yang digunakan.

(radika robi)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.