Ruang Kelas Ambruk Sudah Masuk DAK

33
0
EVAKUASI. Puing-puing ruang kelas II SDN 3 Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti yang ambruk sudah dibersihkan, Jumat (15/2).Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya

CIAMIS – Perbaikan ruang kelas II SDN 3 Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti sudah masuk Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019. Rencananya DAK tersebut akan cair pada Maret mendatang.

Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis Tatang SPd menyatakan setelah ruang kelas itu ambruk, kegiatan belajar mengajar dialihkan ke ruang perpustakaan. Pembersihan puing-puing bangunan sudah dilaksanakan dengan cara gotong royong warga, kepolisian, TNU, perangkat desa dan kecamatan.

Ruang kelas yang roboh itu sudah terdeteksi sejak awal. Ruangan bocor, miring dan lapuk. Makanya, para murid sudah dievakuasi terlebih dahulu. Adapun kondisi ruangan lainnya relatif aman. “Kami bersyukur dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa,” tutur dia.

Menurut dia, sekolah tersebut sebenarnya akan diberi bantuan rehab melalui DAK 2012. Namun, pihak komite menolak dengan alasan sekolah tersebut ingin direlokasi ke tanah yayasan. Pemerintah tidak menyetujui relokasi tersebut karena tidak sesuai ketentuan. Relokasi sekolah harus ke tanah milik pemerintah. “Makanya sekolah tersebut tetap harus di lokasi yang sama. Lagi pula pihak pemerintah menempatkan sekolah sesuai jumlah kepadatan penduk,” kata dia.

Kepala SDN 3 Sumberjaya Mahri menerangkan robohnya ruang kelas itu tidak menimbulkan korban jiwa karena terjadi pada sore hari. Ruang kelas sedang kosong. Adapun saat ini, murid-murid kelas II belajar di ruang perpustakaan. “Bersyukur juga antara April bisa diperbaiki sehingga sekolah bisa bagus lagi,” ujar dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.