Ruang Kelas Memengaruhi Kualitas Belajar

1715
0
SEMANGAT. Murid TK Kemala Bhayangkari saat kegiatan belajar mengajar beberapa waktu lalu. Ruang kelas penting karena mendukung proses belajar.
SEMANGAT. Murid TK Kemala Bhayangkari saat kegiatan belajar mengajar beberapa waktu lalu. Ruang kelas penting karena mendukung proses belajar.
Loading...

BANJAR – Ruang kelas TK Kemala Bhayangkari yang dinilai kurang layak mendapat perhatian Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dudu Nurzaman. Menurut Dudu, ruang kelas belajar sangat penting dan menjadi kebutuhan dasar yang mendukung proses belajar mengajar.

Lingkungan sekolah yang baik dan nyaman juga akan sangat memengaruhi pola pikir anak atau siswa, baik dalam menuntut ilmu maupun dalam perilaku menjaga lingkungan yang sehat.

Menurut dia, standar sarana dan prasarana TK dijelaskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pada Pasal 32 ayat (1) TK/RA/BA dan sejenisnya dengan persyaratan, meliputi memiliki luas lahan minimal 300 meter persegi (untuk bangunan dan halaman), memiliki ruang kegiatan anak yang aman dan sehat dengan rasio minimal tiga meter persegi per anak dan tersedia fasilitas cuci tangan dengan air bersih.

Kemudian memiliki fasilitas bermain di dalam maupun di luar ruangan yang aman dan sehat. “Berdasarkan peraturan tersebut jelas keberadaan TK Kemala Bhayangkari belum memenuhi persyaratan secara Standar Nasional.

loading...

“Harapan kami semoga pemenuhan standar sarana prasarana dapat segera terpenuhi,” kata Dudu Minggu (3/11).

Dia sendiri mempunyai tugas mendorong perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu serta memberikan masukan, pertimbangan dan rekomendasi kepada pemerintah daerah.

“Kerena itu, besar harapan pihak sekolah beserta stakeholder lainnnya dapat membangun komunikasi dan sinergi dengan Pemerintah Kota Banjar untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang sesuai dengan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik,” ujarnya.

Ketua Forum Keluarga Mahasiswa Kota Banjar Awwal Muzakki meminta Pemkot memberikan perhatian serius, terlebih menyangkut dunia pendidikan.

Sudah semestinya, kata dia, Pemerintah Kota Banjar menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang nyaman agar pendidikan terselenggara dengan baik.

“Ketika ruang belajar sudah nyaman, pasti daya serap murid pun akan lebih tinggi,” kata Awwal.

Pejabat Sementara Paur Subbag Humas Polres Banjar Bripka Shandi Rona Prawira akan mengundang pihak terkait termasuk Dinas Sosial dan Dinas Pekerjaan Umum untuk berdialog menyikapi kondisi TK binaan Polres Banjar tersebut.

“Kami berharap kondisi anak-anak TK Kemala Bhayangkari mendapat prioritas karena produktivitas belajar mereka rutin setiap harinya,” kata Shandi.

Ia merasa miris ketika ruang bermain siswa TK terbatasi dengan hanya memiliki space di lorong bangunan. Kemudian posisi ruang belajar mereka tertutupi oleh bangunan gedung yang menjadikan sirkulasi udara kurang maksimal.

“Akses jalan masuk menuju kelas hanya berukuran tiga meter. Lorong tiga meter itu digunakan untuk tempat bermain anak dan digunakan juga sebagai ruang tunggu orang tua,” katanya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kota Banjar Tanty Indrianti mengatakan gedung tersebut masih dalam tahap renovasi.

Pemanfaatannya, ruang bawah belakang untuk TK Kemala Bhayangkari, lantai dua untuk program Kota Layak Anak dan lobi depan digunakan sebagai ruang bersama.

“Artinya untuk lobi bersama itu bisa digunakan juga untuk orang tua yang menunggu anaknya sekolah TK. Tapi sekarang masih dalam proses perbaikan gedung, belum selesai,” katanya.

Ia menilai lokasi TK sudah baik untuk proses belajar mengajar. “Tidak ada masalah, baik dari pihak sekolah dan orang tua juga. Semua baik-baik saja, bahkan saya sudah ke sana (TK), tidak ada masalah, Kang,” ujar Tanty saat dihubungi via telepon.

Diberitakan sebelumnya, Kepala TK Bhayangkari Lilis Diani SPd, MPd berharap ruang kelas bisa menempati bagian depan gedung milik pemkot tersebut.

“Jika itu diberikan untuk TK Kemala, kami sangat bersyukur sehingga tersedia ruang lebih luas dan mendukung aktivitas belajar yang lebih baik,” ujarnya. TK pun nantinya akan memiliki wajah. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.