Ruang Publik Rawan Disalahgunakan

106
0
RAWAN DISALAHGUNAKAN. Tempat duduk di Taman Kota menjadi salah satu tempat yang rawan disalahgunakan di malam hari. RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

TAWANG – Sejumlah ruang publik di Kota tasikmalaya masih rentan disalahgunakan sebagai tempat mabuk-mabukan atau asusila. Maka dari itu, perlu keseriusan dari pemerintah guna mencegah penyakit masyarakat itu.

Kasi Ops Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kota Tasikmalaya Sandi A Sugih menyatakan, beberapa lokasi yang rentan disalahgunakan untuk perilaku yang tidak pantas. Selain di Dadaha, salah satu sudut di Taman Kota pun jadi sorotan. “Bukan di wilayah tamannya, tapi area tempat duduknya,” ujarnya kepada Radar, Jumat (19/7).

Selain itu, area bagian selatan alun-alun pun juga kerap dijadikan tempat mabuk-mabukan. Lokasi lainnya yakni di kawasan eks Terminal Cilembang dengan jalur EZ Mutaqin kerap ditemukan aktivitas penyakit masyarakat.

Hal itu berdasarkan hasil patroli-patroli yang dilakukan oleh Satpol PP yang pernah beberapa kali menemukan remaja-remaja mabuk. Ada beberapa dari mereka yang sempat diamankan dan diproses tindak pidana ringan (tipiring). “Kebanyakan mereka kabur dan bubar saat kami datang,” ujarnya.

Menurut Sandi, hal ini disinyalir karena kondisi tempat yang kurang penerangan sehingga para remaja bandel itu pun merasa aman untuk berbuat sesuka hati mereka. “Ketika kami patroli sekilas seperti enggak ada orang karena gelap, tapi setelah dihampiri ternyata ada yang nongkrong di situ,” katanya.

Sandi mengakui bahwa upaya pengawasan di lokasi-lokasi rawan itu belum bisa memberikan hasil yang maksimal. Pasalnya, patroli Satpol PP sifatnya mobile, tidak hanya di satu tempat saja. “Ruang untuk kami awasi kan tidak hanya satu atau dua titik saja,” ujarnya.

Pihaknya berharap wacana smart city bisa benar-benar terealisasi di mana pemerintah memiliki fasilitas CCTV di berbagai penjuru. Dengan demikian, pengawasan khususnya di tempat umum bisa lebih maksimal. “Setidaknya di tempat-tempat tertentu yang terbilang rawan, bukan hanya jalan saja,” tutur dia. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.