Ruang Terbuka Hijau di Kota Tasikmalaya Belum Sesuai

266
0
TANAM POHON. Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia bersama Pemuda Pancasila didampingi TNI-Polri menanam pohon di Jalan Mangin, Senin (8/7). Rangga Jatnika / Radar Tasikmalaya

MANGKUBUMI – Ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Tasikmalaya masih minim. Padahal, RTH sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup masyarakat yang sehat.

Ketua Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (LPLHI) Kota Tasikmalaya Asep Devo mengatakan, RTH Kota Resik saat ini cenderung minimalis. Masih banyak kawasan kering karena kurangnya tanaman. “RTH Kota Tasik memang ada, tapi belum proporsional,” ujarnya kepada Radar, Senin (8/7).

Menurutnya, suatu wilayah harus memiliki RTH sedikitnya 30 persen dari luas keseluruhan. Kota Tasik belum sampai di persentase itu. “RTH itu juga jangan difokuskan dalam satu kawasan saja, tapi menyebar di seluruh kecamatan,” ujarnya.

Bukti belum idealnya RTH di kota ini yakni adanya bencana banjir dan kekeringan yang rutin terjadi. “Buktinya kita kalau hujan suka ada banjir, kalau kemarau krisis air bersih,” tuturnya.

Ketika RTH sudah ideal, kata Asep, masyarakat tidak akan kesulitan menghadapi musim hujan maupun kemarau. “Tidak seperti sekarang kalau hujan susah, kemarau apalagi,” katanya.

Menurut dia, pemkot kurang serius dalam membangun RTH. Padahal, pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memiliki anggaran sampai Rp 2,9 miliar untuk perencanaan pemanfaatan dan pengendalian tata ruang serta bangunan. “Tapi anggaran yang relatif besar tersebut, belum kelihatan eksekusinya untuk apa, seharusnya bisa menyelamatkan kawasan hijau,” ucapnya.

Sebagai bentuk kepedulian, LPLHI pun bersama Pemuda Pancasila didampingi TNI-Polri telah melakukan penanaman 1.000 pohon di Jalur Mangkubumi-Indihiang (Mangin). Sejauh ini jalur tersebut sangat gersang tanpa ada pohon di bahu jalan. “Apalagi ada galian-galian, tanpa pohon jadi makin gersang,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.