Ruangan SMPN 3 Jatiwaras Tasik Dihantam Longsor

118
0

KABUPATEN TASIK – Cuaca ekstrim yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, menyebabkan bencana tanah longsor yang menimpa satu ruangan SMPN 3 Jatiwaras, Sabtu (15/2) lalu.

Namun, jebolnya ruangan itu tak membuat proses kegiatan belajar mengajar (KBM) para siswa pada hari Senin (17/2) pagi, terganggu.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat mengatakan, ruangan yang tertimpa longsor itu bukan merupakan ruang kelas.

Ia menyebutkan, yang tertimpa adalah ruang keterampilan siswa, sekaligus tempat biasa digunakan untuk rapat wali siswa.

“Jadi proses belajar siswa tadi pagi sama sekali tak terganggu,” kata dia saat dihubungi wartawan, Senin (17/2) sore.

Terang dia, ruangan yang jebol itu pun saat ini sudah bisa digunakan kembali, meski dalam keadaan darurat.

Petugas relawan bencana di Kecamatan Jatiwaras dan pihak sekolah, langsung melalukan pembersihan setelah longsor terjadi dan telah memasang terpal untuk menutup atap dan dinding ruangan yang rusak.

Sementara itu untuk rehabilitasi permanen, beber dia, BPBD telah berkoordinasi dengan intansi terkait yang memiliki kewenangan.

Namun, Menurut Dede, lokasi bangunan SMPN 3 Jatiwaras cukup rawan. Sebab, di belakang bangunan sekolah itu terdapat tebing.

Jika hujan terus terjadi dengan intensitas tinggi, kejadian tanah longsor tetap berpotensi terjadi.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan dinas pendidikan agar bisa diperbaiki secara permanen dengan TPT (tembok penahan tebing). Sebab dikawatirkan akan kembali longsor karena banyak mata air di tebing itu,” jelasnya.

Sebelumnya dinding sekolah SMPN 3 Jatiwaras itu roboh sebagian karena tertimpa material longsor Sabtu (15/2) siang sekira pukul 14.00 WIB. Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tapi dinding dan plafon bagian depan ruangan itu rusak yang terkena materil longsor.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.