Rumah Dijebol Longsor, Penghuni Tetap Bertahan

27
0
Loading...

TAMBAKSARI – Bagian belakang rumah Rutinah (55), warga Dusun Sodong Desa/Kecamatan Tambaksari dijebol longsor pada Senin (12/11) sekitar pukul 05.00. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Tambaksari Hadis menerangkan Rutinah tidak mengungsi walaupun rumahnya dihantam longsor. Material longsor sudah dibersihkan oleh masyarakat. “Kami ingatkan kepada masyarakat di Kecamatan Tambaksari agar selalu meningkatkan kewaspadaan, mengingat hujan terus menerus,” terang dia kepada Radar.

Menurut Hadis, wilayah Tambaksari punya riwayat bencana pergeseran tanah dan longsor yang sering terjadi. Pasalnya, rumah-rumah warga banyak yang berdiri di perbukitan. “Makanya kami selalu monitor dan selalu mengimbau masyarakat untuk ronda malam,” ucapnya.

Kepala Bidang Bantuan dan Perlindungan Sosial (Balinsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis Wawan Setiawan SH mengatakan rumah yang ditempati Rutinah itu mengalami rusak berat. Pihaknya sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa sembako dan peralatan tidur. “Di mana pun yang kena bencana kami bergerak terus menyalurkan bantuan. Namun kami bersyukur di Ciamis relatif aman tidak sampai ada korban jiwa,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.