Rumah Gakin di Sukarame Tasik Belasan Tahun Disangga Bambu

132
0
PERLU BANTUAN. Uum menunjukkan kondisi rumahnya yang tidak layak huni, Selasa (10/3). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SUKARAME – Rumah Uum Umayah (55) warga Kampung Babakan Cidahu RT/RW 14/04 Desa Padasuka Kecamatan Sukarame sudah belasan tahun disangga bambu. Hal tersebut dilakukan karena khawatir tiba-tiba ambruk.

Uum yang tinggal bersama satu anaknya itu sudah banyak yang rusak. Mulai dari bagian atap yang sudah lapuk dan sebagian disangga menggunakan bambu. Kemudian bagian dindingnya pun sudah harus segera dilakukan perbaikan.

Baca juga : DPW PKB Jabar Minta Tasik Usulkan Haris, Rekom DPP Belum Saklek

“Sudah 15 tahun lebih kondisinya seperti ini. Mau diperbaiki tidak punya biaya, sehingga terpaksa harus disangga bambu dan dibiarkan saja seperti itu,” ujarnya kepada Radar, Selasa (10/3).

Dengan kondisi ini, kata dia, jelas menjadi kekhawatiran setiap malam karena takut ambruk secara tiba-tiba. Apalagi saat ini musim hujan, di mana air selalu masuk dan menggenangi rumah karena atapnya banyak yang bocor.

“Kalau hujan dan angin kencang saya dan anak selalu khawatir,” katanya, menjelaskan.
Uum sangat berharap ada bantuan dari pemerintah untuk perbaikan rumahnya yang sudah tidak layak huni. “Saya berharap sekali ada bantuan, karena tidak punya biaya untuk memperbaiki sendiri,” harapnya.

Sekretaris Desa Padamulya Endang Yuli membenarkan salah satu warganya ada yang menghuni rumah tidak layak huni kondisinya sangat memprihatinkan. Karena sampai saat ini belum ada bantuan kepadanya.

“Selama ini Uum tidak pernah mendapatkan bantuan seperti yang lainnya, dalam bentuk apapun. Padahal sudah pernah diajukan ke pemerintah melalui dinas terkait,” kata dia.

Tahun lalu, kata Endang, pihaknya sudah mengajukan 60 rumah tidak layak huni dari total 400 yang ada di Desa Padamulya. Namun, sampai saat ini tidak ada satu pun yang menerima bantuan. “Saya harap tahun ini semua dapat menerima bantuan perbaikan, karena kondisinya sudah mengkhawatirkan,” ujarnya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.