Rumah Para Korban Banjir Bandang di Cisompet Garut Masih Mangkrak, Pemkab Segera Lakukan Ini..

78
0
BANTUAN. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman saat memberi bantuan kepada warga korban banjir bandang di Garut Selatan Kamis (26/11). yana taryana / rakyat garut
BANTUAN. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman saat memberi bantuan kepada warga korban banjir bandang di Garut Selatan Kamis (26/11). yana taryana / rakyat garut

CISOMPET – Pemerintah Kabupaten Garut akan membangun rumah untuk korban bencana banjir bandang di Kampung Cisaladah Desa Sukanagara Kecamatan Cisompet.

Pembangunan rumah dilakukan karena beberapa rumah di wilayah tersebut mengalami kerusakan dan tidak bisa ditinggali akibat bencana banjir bandang dan longsor.

“Dari hasil pemantauan di wilayah Sukanagara, Insya Allah kita akan melakukan pembangunan rumah di daerah sini,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan dalam keterangn resminya, Kamis (27/11).

Rudy menerangkan, dalam pembangunan rumah korban banjir bandang pihaknya akan menggunakan anggaran bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan APBD Pemkab Garut.

“Nanti kita gunakan anggaran dari BNPB atau dari APBD Garut untuk bangun rumah korban bencana ini,” terangnya.

Pihaknya membangun rumah untuk para korban bencana karena di wilayah tersebut banyak rumah warga rusak dan masyarakat belum bisa memperbaikinya.

“Sekarang juga masih ada masyarakat yang tinggal di pengungsian, karena rumahnya rusak dan tidak bisa ditinggali,” ujarnya.

Terkait rencana pembangunan rumah, Rudy mengaku akan secepatnya dilakukan, supaya masyarakat yang rumahnya rusak bisa kembali dari pengungsian. “Kita secepatnya dibangun untuk korban bencana ini,” terangnya.

Baca juga : Pemkab Garut Salurkan Bantuan ke Korban Banjir & Longsor

PENGOBATAN GRATIS
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut bekerja sama dengan PT Sarana Multigriya Financial (Persero) menyalurkan bantuan sembako untuk warga yang terdampak banjir bandang di wilayah selatan Garut.

Ketua PMI Kabupaten Garut dr Helmi Budiman mengaku telah menyalurkan bantuan berupa sembako bagi masyarakat di Kampung Sukagalih Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk. Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan bantuan untuk berobat ke posko yang telah disediakan.

“Bukan hanya sembako kami juga mengadakan pengobatan gratis bagi masyarakat, disini alhamdulillah pada hari ini terlihat banyak masyarakat yang hendak untuk berobat ke posko yang telah disediakan oleh PMI,” ucap Helmi saat memberikan bantuan kepada warga di Garut Selatan, Kamis (26/11).

Helmi mengatakan tercatat kurang lebih 127 masyarakat yang berobat di posko yang telah disediakan PMI Kabupaten Garut. Semuanya dikategorikan tidak memiliki penyakit yang serius.

“Dari seluruh masyarakat yang berobat, tidak ada yang mengalami penyakit yang serius alhamdulilla semuanya dikatagorikan ringan,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Helmi tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk mengenakan masker sebagai tindakan proteksi yang wajib dilakukan semua orang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Ia pun berharap agar pemerintah tak bosan mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan, utamanya adalah mengenakan masker. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di setiap daerah khususnya Kabupaten Garut. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.