Rumah Semi Permanen di Mekarsari Kota Banjar Tiba-Tiba Ambruk

17
0
RUMAH AMBRUK. Lurah Mekarsari Irfan Fauzi saat meninjau rumah Yulis yang ambruk Rabu (10/2/2021). Anto Sugiarto/Radar Tasikmalaya
RUMAH AMBRUK. Lurah Mekarsari Irfan Fauzi saat meninjau rumah Yulis yang ambruk Rabu (10/2/2021). Anto Sugiarto/Radar Tasikmalaya
Loading...

BANJAR – Rumah semi permanen milik Yulis (62) warga Lingkungan Sukarame RT 05 RW 14 Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar tiba-tiba ambruk sekitar pukul 23.00 Selasa (9/2/2021).

Pemilik rumah, Yulis, mengatakan rumahnya ambruk karena kondisinya sudah lapuk. Kata dia, rumahnya didominasi material kayu. Ditambah hampir setiap hari sering hujan.

“Alhamdulillah selamat, karena sejak sore sudah mengungsi ke rumah teman (tetangga, Red). Karena sebelumnya sudah ada firasat akan ambruk rumahnya,” jelasnya.

Kata dia, sebelumnya Sabtu (6/2/2011) sempat terdengar suara di bagian atap rumah. “Yang tinggal di dalam rumah ada enam jiwa dan semuanya alhamdulillah selamat,” kata dia.

Baca juga : Proyek Air Baku Balokang Patrol Kota Banjar Harus Beri Manfaat pada Warga

loading...

Lurah Mekarsari Irfan Fauzi mengatakan mendapat laporan rumah warganya ambruk Selasa malam. Padahal saat itu tidak turun hujan atau angin kencang.

“Pas kita cek rumahnya sudah bersih dievakuasi sama warga dan beruntung penghuni rumah selamat karena sebelum kejadian sudah mengungsi di rumah tetangga,” kata dia kepada wartawan di lokasi, Rabu (10/2/2021).

Kata dia, rumah tersebut sebenarnya sudah diajukan dibantu oleh Baznas. Hanya saja keburu ambruk. Saat ini pun diajukan kembali agar secepatnya dibantu.

Kalak BPBD Kota Banjar Kusnadi SIP menambahkan ambruknya rumah Yulis diduga karena bangunan rumah sudah lapuk dan tidak layak huni.

“Alhamdulillah beruntung tidak ada korban jiwa, karena penghuni rumah sudah mengsungi terlebih dahulu. Ditaksir kerugian puluhan juta rupiah,” katanya.

Lanjut dia, untuk meringankan beban korban BPBD memberikan bantuan logistik dan material tenda untuk tempat mengamankan barang-barang dari hujan dan panas. “Kita sudah langsung berikan tadi (kemarin, Red) bantuan ke korban,” ujarnya. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.