Rumah Terbakar, Yayan Warga Mangkubumi Kota Tasik Terima Bantuan Rehab

219
0
radartasikmalaya.com
Wakil Wali Kota Tasik, HM Yusuf saat menyerahkan bantuan kebencanaan kepada korban kebakaran rumah di Mangkubumi, Jumat (02/10) pagi. rezza rizaldi / radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Rumah milik Yayan Sopian di Kampung Nagrog RT 05 RW 4, Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, sebulan lalu, hangus dilahap si jago merah.

Atapnya ludes jadi arang akibat terbakar api yang muncul dari tungku. Diduga, saat itu, usai memasak tak memeriksa ulang apakah arangnya sudah mati atau belum.

“Kebakaran sebulan lalu, atapnya terbakar. Apinya dari tungku hawu. Diduga arangnya belum mati jadi timbul api merambat,” ujar Dudung Durahman, Linmas Kampung Nagrog kepada radartasikmalaya.com.

Jumat (02/10) pagi, rumah Yayan Sopiyan mendapat bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tasik melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk rehab rumah sebesar Rp15 juta.

Wakil Wali Kota Tasik, HM Yusuf menuturkan, bantuan ini adalah salah satu bentuk kepedulian sosial dari pemerintah terhadap warga yang mengalami bencana kebakaran.

“Sebelumnya rumah ini juga sudah dibantu warga sekitar secara gotong royong dan pihak kelurahan melalui pemberdayaan kelurahaan,” tutur Yusuf.

Terang dia yang ditemui usai memberikan bantuan tersebut, saat ini banyak sekali rumah yang akan direhab karena masuk kategori tidak layak huni akibat bencana.

“Totalnya ada 17 rumah dan 6 rumah sudah kita rehab melalui Baznas dan sebagian dari pihak masyarakat serta kelurahan,” terangnya.

Yusuf menambahkan, di tahun ini juga rehab rumah tidak layak huni akan digulirkan pihak Perwaskim yang memiliki program tersebut dengan disingkronkan data penerimanya dari Dinsos.

“Juga untuk di RPJMD kita menargetkan 5000 RTLH. Sebenarnya target itu sudah terpenuhi. Tapi memang masih banyak yang belum terdata oleh kita. Sehingga kordinasi yang baik dalam program RTLH ini diperlukan,” tambahnya.

Jelas Yusuf, bantuan untuk RTLH ini juga akan dibantu serta dikolaborasikan dengan pihak swasta lainnya. Walaupun bjb sudah menjalin kerjasama RTLH ini melalui program CSR.

(rezza rizaldi)

Baca Juga

Angka Kematian Akibat Corona di Kota Tasik Tertinggi di Jabar

Pilbup Tasik, H Azies Dorong Kemandirian Wirausaha Dulur Santri

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.