Rumah Wahyi Ludes Terbakar

168
0

RAJADESA – Kebakaran menghanguskan rumah Wahyi (57) di Dusun Pasirjaya RT 05/01 Desa Andapraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Peristiwa itu terjadi Rabu malam (9/5) sekitar pukul 19.00. Saat itu pemilik rumah sedang berada di dalam, namun berhasil menyelamatkan diri.

Ucu (40) warga sekitar menuturkan api diketahui warga sudah menyala di atas genting. Dia dan warga lain sempat berusaha melakukan pemadaman. Tapi, api tetap menghanguskan seluruh bagian dan isi rumah.

“Jadi, api juga (baru) bisa kita padamkan bersama masyarakat gotong royong dua jam kemudian. Memang kesulitannya sumber air cukup jauh dari rumah,” tuturnya saat dihubungi Radar, Kamis (10/5).

Dia menduga percikan api berawal dari hubungan arus pendek listrik. Sebab, api diketahui sudah menyala di atap. “Saya juga tidak menyangka rumah tetangga akan terbakar. Kasian juga kepada korban, harta bendanya semua terbakar,” ujarnya.

Paur Humas Polres Ciamis Iptu Hj Iis Yeni Idaningsih mengatakan dari keterangan saksi, api memang sudah menyala di atas genting. Penyebabnya diduga hubungan arus pendek listrik. Sehingga semua, bagian dan isi rumah ludes terbakar. Sedangkan pemiliknya, saat ini mengungsi di rumah saudaranya.

“Jadi, untuk korban jiwa tidak ada. Namun hasil pendataan kerugian mencapai Rp 75 juta. Makanya kami himbau kepada masyarakat bila kabel yang sudah lama atau tidak SNI alangkah baiknya di ganti,” katanya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Ani Supiani mengaku telah mengirim bantuan berupa sembako, selimut dan pakaian untuk korban kebakaran. Dia mengimbau masyarakat lebih waspada. Sebab, selama dua bulan terakhir kebakaran di Ciamis telah mencapai 12 kali. “Kita utamakan kewaspadaan terus,” imbaunya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.