Rumah Warga Cibalong & Sodonghilir Tasikmalaya Tertimpa Longsor, Akses Jalan Desa Tutup Total

3872
0

KABUPATEN TASIK – Bencana alam tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (9/1) sore.

Kali ini, bencana longsor tersebut menimpa rumah warga di Kecamatan Cibalong dan Kecamatan Sodonghilir.

Danramil 1216/Cibalong, Kapten Inf Endang Dudi mengatakan, pukul 15.50 WIB terjadi tanah longsor yang menimpa rumah di Kampung Bebedahan, RT 04, RW 01, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng yang dihuni Supyan beserta keluarganya.

“Kronologisnya saat pukul 15.50 WIB terjadi hujan lebat. Mengakibatkan tanah longsor dan menimpa rumah Supyan. Untungnya tak ada korban jiwa dalam bencana ini,” paparnya kepada wartawan.

Kerugian materilnya adalah dinding rumah di bagian belakang jebol dan ditaksiran kurang lebih Rp 8 juta.

“Babinsa, Binmas dengan perangkat desa serta BPBD sudah koordinasi untuk membersikan lumpur dan menyelamatkan barang-barang yang ada di rumah korban,” terangnya.

Lalu, lanjut dia, pihaknya mengevakuasi Supyan dan keluarganya ke rumah saudaranya.

“Lalu Babinsa dan Binmas memberikan arahan kepada korban untuk lebih waspada dan mengimbau kepada masyarakat setempat supaya lebih hati-hati menghadapi musim penghujan ini,” imbaunya.

Sedangkan di Kecamatan Sodonghilir juga terjadi bencana serupa. Danramil 1223/SDH, Letda Inf Mirhamdi Siregar menuturkan, bencana tanah longsor di wilayahnya ini menimpah rumah dan jalan.

“Terjadi pukul 15.30 WIB di Kampung Nangewer dan Ciasahan, RT 01, RW 03, RT 02, RW 03, dan RT 09, RW 06, Desa Sukabakti, Kecamatan Sodonghilir. Tanah longsor menimpa jalan dan mengancam rumah milik Mulayana (56) di RT 02,” tuturnya.

Selain itu, tambah dia, rumah Haryadi (60) di RT 02 juga tertimpa tanah longsor.

“Di waktu yang sama tanah longsor menimpah jalan akses desa di Kampung Cigugur. Walaupun demikin tak ada korban jiwa,” tambahnya.

Tukas dia, kerugiannya adalah akses menuju desa tertutup total.

“Sementara untuk penghuni rumah yang terancam diiungsikan ke rumah saudaranya. Kami sudah koordinasi untuk membersikan lumpur dan menyelamatkan barang-barang yang ada di rumah itu. Karenackondisi rumah korban sudah tidak bisa ditempati,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.