Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Rumah Warga Miskin Ditandai

433
0

INDIHIANG – Sebagaimana di daerah lain, Kota Tasikmalaya pun menerapkan pemasangan stiker khusus di rumah keluarga penerima bantuan atau warga miskin. Namun demikian, sebagian warga menolak penempelan stiker tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya H Nana Rosadi mengatakan bahwa sebagaimana arahan dari kementerian, pihaknya melakukan penandaan pada rumah keluarga penerima bantuan. “Iya, kita pakai stiker dan ditempel di rumah,” ungkapnya kemarin.

Stiker tersebut dipasang di rumah warga yang tercatat sebagai keluarga dalam Basis Data Terpadu (BDT) yang telah diverifikasi. Mereka merupakan penerima bantuan program pemerintah seperti halnya Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Dalam pemasangan stiker tersebut, sebagian warga menolak dengan alasan malu. Namun demikian petugas tetap menempelkan stiker bertuliskan “Keluarga Fakir Miskin” itu. “Ada sebagian warga yang memang menolak, bahkan dibilang tidak manusiawi,” tuturnya.

Pihaknya tidak bisa memastikan apakah stiker yang dipasang tersebut masih terpasang atau sudah dicabut. Namun diharapkan hal ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat yang tergolong mampu untuk tidak merasa atau mengaku miskin. “Karena salah satu tujuannya kan memang mengantisipasi ada yang pura-pura miskin,” katanya.

Disinggung soal bantuan, distribusi untuk BPNT dilakukan setiap bulan. Februari ini pendistribusian rencananya akan dilakukan pada pekan depan kepada masyarakat miskin. ”Karena kalau rastra (BPNT) didistribusikan setiap bulan,” ujarnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.