Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

0.9%

60.1%

2.4%

0.2%

4.5%

20.1%

11.7%

0%

0.1%

0%

Rumah Dayat Hangus Dilalap Api

45
0
RATA. Rumah Dayat Rosad hangus terbakar Kamis (19/12). Diduga sumber api dari tungku di dapur rumah tersebut.

CIAMIS – Rumah panggung berukuran 3×4 meter persegi milik Dayat Rosad (60) di Dusun Cimarongmong Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng terbakar. Hunian tersebut hangus dan rata dengan tanah.

Kamis (19/12) sekitar pukul 15.00, api yang diduga berasal dari tungku di dapur menghanguskan rumah warga miskin itu. Saat itu Dayat memasak air. Dia lupa. Lalu ke kebun.

Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Darmacaang Memet menjelaskan bahwa Dayat adalah warga miskin. Dia duda. Dayat tinggal di rumah yang sangat sederhana: 3×4 meter.

Lokasi rumah Dayat, kata dia, jauh dari pemukiman. Jadi saat terbakar, rumah tersebut tidak terselamatkan.“Kasihan juga korban ini miskin sekali, kini meng­ungsi di rumah saudaranya saja,” kata Memet.

Memet mengaku akan berkoordinasi dengan dinas terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk meminta bantuan. Karena korban memerlukan tenda, sembako dan alat masak. Terlebih, dia sudah tidak punya apa-apa. Pekerjaanya hanya sebagai buruh tani dan sekarang harta benda ludes terbakar. Kerugian sekitar Rp 15 juta.

Warga sekitar Tatan (31) menga­ta­kan warga me­nge­tahui rumah Da­yat terbakar sete­lah asap­nya menge­pul tinggi. Ru­­mah­nya de­ngan rumah Daya berjarak sekitar 100 meter, jadi sulit membantu mema­dam­kan api.

“Jadi warga ti­dak sempat bisa me­­nye­­la­matkan apa-apa, rumah kor­­ban ha­ngus ter­­­­bakar. Kasihan ju­ga korban ini orang­nya miskin,” tuntasnya. (isr)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.