RUNK Harus Dipahami Para Pelajar

46
SOSIALISASI. Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis sosialisasi "Millenial Road Safety Festival", dengan memberikan pemahaman RUNK jalan, Senin (18/2).

CIAMIS – Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis gelar sosialisasi “Millenial Road Safety Festival” dengan memberikan pemahaman lima Pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) jalan, Senin (18/2) pukul 09.00, di halaman SMAN 1 Ciamis, Jalan Gunung Galuh No 37 Ciamis.

Lima Pilar RUNK adalah;
1. Manajemen berkeselamatan
2. Jalan Berkeselamatan
3. Kendaraan yang Berkeselamatan
4. Perilaku Pengguna Jalan
5. Penanganan Pasca Kecelakaan.

Menurut Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP M Bima Gunawan Jauharie SIK bahwa para pelajar sangat perlu memahami tentang RUNK jalan.

Tentunya tentang bagaimana tatacara berkendara yang aman dan berkeselamatan sesuai dengan aturan hukum dalam berlalu lintas,” katanya.

Pihaknya, kata dia, menjelaskan tentang faktor penyebab kecelakaan, kata dia, yaitu ada faktor manusia, kendaraan, jalan, alam.

Untuk marka jalan adalah memberikan etika berkeselamatan dalam berkendara serta etika pada saat menyebrang di jalan raya.

“Termasuk rambu-rambu larangan, peringatan, perintah dan petunjuk lalu lintas. Semoga pelajar lebih memahami dan bisa menerapkan ilmu yang kami sampaikan,” harapnya.

Pihaknya, lanjt dia, menghimbau kepada guru maupun siswa/SMAN 1 Ciamis untuk dapat menggunakan Transportasi Sehat Merakyat (TSM), seperti berjalan kaki kesekolah, menggunakan sepeda ke sekolah, bersepeda ke tempat kerja dan menggunakan sarana angkutan umum yang ada, terjangkau, merakyat, aman dan selamat.

“Hal itu semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Ciamis, Drs H Wawan Haryawan MPd mengucapkan terima kasih kepada kepolisian yang telah berbagi ilmu kepada para siswanya terkait masalah peraturan lalu lintas.

“Kami menyambut baik sosialisasi ini, karena menjadi pemahaman yang harus diterapkan oleh para siswa dalam berlalu lintas,” tandasnya. (isr/adv)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.