Saat Dilanda Corona, Pemkot Tasik Masih Sempat Geser & Lantik Pegawai

202
1
Anang Safaat Sekretaris Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya

INDIHIANG – Sekretaris Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya Anang Safaat menyayangkan rencana Pemkot Tasikmalaya melantik sejumlah pejabat Kamis (9/4) di Aula BKPSDM Kota Tasikmalaya. Sebab, di tengah pandemik Covid-19, Pemkot masih sempat melakukan pergeseran pegawai.

“Terus terang saya menyayangkan hal ini. Kaget tadi sore dapat Whatsapp dari pendamping bahwa Kamis ini akan ada pelantikan untuk pejabat eselon IV dan III. Ini kontradiktif sekaki,” kata Anang kepada Radar, Rabu (8/4).

Baca juga : Pastikan Personilnya tak Terpapar Corona, 42 Anggota Polres Tasikmalaya Kota Jalani Rapid Test

Menurutnya, pelantikan pejabat otomatis mengumpulkan sejumlah orang dalam menyaksikan prosesi pengambilan sumpah jabatan. Ketika Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menggembar-gemborkan masyarakat tidak boleh berkerumun, kata dia, di sisi lain Pemkot malah mencontohkan dengan menggelar pelantikan.

“Ini imbauan untuk masyarakat saja atau bagaimana? Harusnya seremoni begini tidak dulu dijalankan, menggeser pegawai juga untuk apa kan semua sedang tidak fokus pelayanan tapi penanganan Covid-19,” keluh politisi Demokrat tersebut.

Ia menilai tidak ada urgensi pemindahan pegawai di level apapun di saat kondisi daerah tengah dihadapkan dengan wabah. Apalagi, sejumlah kegiatan pembangunan dipangkas dan dialihkan untuk penanggulangan Covid-19 dan dampak sosialnya. Tetapi, di sisi lain anggaran untuk seremoni pelantikan masih diserap.

Loading...

“Ironisnya, Pemkot prioritaskan kegiatan-kegiatan semacam ini. Anggaran dialihkan kita bahas mati-matian dalam rapat demi masyarakat. Sekarang, urgensi melantik pegawai itu untuk apa?,” kata Anang.

Apalagi, lanjut Anang, pegawai yang dilantik di tataran Eselon IV dan III. Apabila dilihat dari sisi urgensinya, tidak terlalu penting untuk digeser di tengah kondisi pandemik. “Paling nanti usai dilantik kerjanya corona-corona juga. Kenapa tidak ditugaskan saja pada jabatan yang sekarang toh pelayanan semua tidak optimal, karena banyak staf kerja di rumah dan lain sebagainya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya H Asep Maman Permana mengakui adanya rencana pelantikan Kamis (9/4). Pihaknya dimintai memfasilitasi video conference melalui aplikasi web https://emeeting2.tasikmalayakota.go.id untuk tamu undangan yang menghadiri pelantikan tersebut. “Pegawai yang akan dilantik saja yang langsung hadir di lokasi, kami fasilitasi tamu undangan melalui aplikasi video conference, supaya hadir di tempat bertugas masing-masing tanpa harus ke lokasi pelantikan,” kata dia.

Baca juga : TNI, Polri dan Ormas di Kota Tasik Bersatu Donorkan Darah

Menurutnya, para tamu yang diundang untuk mengikuti video conference melalui aplikasi tersebut sebagai upaya physical distancing. Menjaga jarak antar orang per orang dan tidak menghadiri kegiatan yang memicu kerumunan. “Itu pun jumlahnya tidak banyak yang dilantik saja informasinya yang hadir di lokasi pelantikan,” ucap Asep.

Sementara itu, saat dikonfirmasi soal rencana pelantikan tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tasikmalaya Gungun Pahlagunara belum memberikan jawaban.(igi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.