Saat Pandemi, 2 Pasar Rakyat di Kota Tasik Segera Dibuka

102
0
Loading...

CIBEUREUM – Dua tambahan pasar rakyat di Kota Tasikmalaya, yakni Pasar Cibeureum dan Purbaratu akan segera diaktifkan. Bertambahnya pasar tradisional diharapkan bisa mendorong perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya, H M Firmansyah mengatakan untuk tahap awal pihaknya akan mengaktifkan Pasar Cibeureum terlebih dahulu. Ditargetkan pasar tersebut sudah bisa aktif Februari atau Maret mendatang.

“Harapan kita bulan depan sudah bisa jalan,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (21/1).

Setelah itu, pihaknya akan mengaktifkan juga Pasar Purbaratu. Diprioritaskan yang mengisi adalah pelaku usaha perdagangan warga Purbaratu. “Karena di Purbaratu juga tidak sedikit pedagang potensial,” terangnya.

Baca juga : Jadwal Shalat Wilayah Kota Tasik, Jumat 22 Januari 2021

loading...

Dengan adanya penambahan pasar rakyat, diharapkan bisa mendorong pemulihan ekonomi di kala pandemi. Bukan hanya perekonomian masyarakat, juga Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kalau berjalan dengan baik, pendapatan dari retribusi juga menyesuaikan,” katanya.Terlebih, lanjut H Firmansyah, tahun ini pihaknya memberlakukan e-retribusi. Sehingga pedagang bisa lebih mudah dalam membayar retribusi. “Tapi kemungkinan bertahap, Cikurubuk dan Pancasila dulu,” terangnya.

Pemerintah Kota Tasikmalaya sendiri menargetkan pasar rakyat bisa di bangun di masing-masing kecamatan. Akan tetapi hal itu bukan hal yang mudah untuk direalisasikan. “Karena biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit,” katanya.

Saat ini pihaknya sudah menyiapkan lahan pembangunan pasar di wilayah Mangkubumi dan Bungursari. Menunggu bantuan pembangunan dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Sudah diajukan, tapi yang terelisasi tahun ini baru Pancasila,” katanya.

Dari beberapa Kecamatan yang belum memiliki Pasar Rakyat, dia menilai Kecamatan Bungursari paling perlu prioritas. Pasalnya sebagian pemukiman memiliki akses yang cukup jauh ke pasar. “Paling dekat ya ke Indihiang atau Cikurubuk,” tuturnya. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.