Saatnya Rekonsiliasi Usai Pemilu

37
0

TAWANG – Wakil Wali Kota Tasik­malaya Drs H Muhammad Yu­suf mengajak seluruh stakeholders untuk melakukan rekon­siliasi usai Pe­milu 2019. Pesta de­mokrasi ini telah me­nguras ba­nyak tenaga dan pikiran.

“Pemilu serentak kemarin di Kota Tasikmalaya dapat berjalan sukses tanpa ekses. Mari kita tabayun untuk berkomunikasi dengan baik,” ujar Yusuf saat membuka Diskusi Politik di Hotel Harmoni, Kamis (16/5) malam.

Menurut dia, siapa pun presiden yang terpilih nanti adalah insan terbaik yang akan membawa bangsa dan negara lebih maju. Termasuk para wakil rakyat yang terpilih untuk mengemban aspirasi masyarakat.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tasikmalaya H Nana Sujana menerangkan, partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 mencapai 80 persen. “Konsekuensinya pemilu serentak yang telah dilaksanakan memang memunculkan banyak keluhan. Besar harapan kami, ke depan, pemilu yang akan datang tidak disatu-waktukan antara pileg dan pilpres sehingga kejadian gugurnya para petugas KPPS bisa dihindari,” tuturnya.

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin menyatakan, pada pemilu tahun ini, pihaknya memiliki beban cukup berat. Salah satunya mengawasi KPU dan antisipasi praktik tidak baik di tengah masyarakat kaitan kepemiluan. Di sisi lain, pihaknya berharap semua stakeholders memahami bahwa pendidikan politik bukan semata tugas parpol, melainkan semua unsur untuk menciptakan pemilu jujur dan adil. “Untuk itu, supaya ke depan semakin baik pelaksanaan kepemiluan, perlunya regulasi dan dukungan semua pihak dalam menyambut perhelatan tersebut,” kata Ijang. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.