Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Saatnya yang Muda Membangun Desa

159
0
Miftah Farid

PAGERAGEUNG – Pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak se-Kabupaten Tasikmalaya banyak didominasi kaum-kaum muda yang tampil mencalonkan diri. Salah satunya, Miftah Farid yang menjadi calon kepala Desa Pagerageung.

Di usianya yang baru 37 tahun, suami dari Riani Noviantari AMd ini bertekad menghibahkan dirinya untuk mengabdi menjadi kepala Desa Pagerageung di pemilihan serentak kali ini.

“Niat saya maju karena terpanggil untuk lebih jauh berbakti kepada masyarakat dengan pengalaman menjadi kepala dusun selama kurang lebih empat tahun. Melalui pemilihan kepala desa ini mudah-mudahan menjadi jalan untuk bisa terus mengabdi kepada masyarakat,” ujar ayah dari Hisyam Naufal Fadillah kepada Radar, Selasa (8/10).

Menurutnya, kondisi pemerintah desa saat ini sangat strategis untuk bisa membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, berbeda dengan desa zaman dulu. Karena, desa hari ini ditopang anggaran yang cukup memadai seperti dari dana desa (DD), alokasi dana desa (ADD), bantuan keuangan (bankeu) dan sumber lainnya dengan nominal tidak sedikit.

“Potensi desa hari ini sangat potensial untuk dikembangkan melalui berbagai macam pembangunan dan program ketika pemangku kebijakannya inovatif dan kreatif melihat potensi yang dimiliki,” kata kakak dari Fitri Shopia, Kania Muntaha, Lutfi Sahara dan Anna Lia Zakia.

Menurutnya, anggaran DD setiap tahunya tidak harus selalu terpaku kepada pembangunan infrastruktur seperti jalan dan lainnya, walaupun itu penting untuk menunjang kesejahteraan. Namun, bisa juga digunakan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM). Sehingga ada sinergi antara peningkatan infrastruktur dan SDM yang sejalan.

“Ketika SDM-nya suda bagus jelas akan berdampak terhadap pengurangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Pagerageung dengan ditunjang bagusnya infrastruktur seperti jalan dan lainnya,” kata anak dari KH Iji Arifien, penasehat alumni Miftahul Huda 17.

Jelas dia, banyak yang bisa dilakukan dalam peningkatan SDM masyarakat di Desa Pagerageung. Seperti melakukan berbagai pelatihan yang disesuaikan dengan potensi desa. Posisi Desa Pagerageung yang strategis dan sudah memiliki pasar desa bisa dimanfaatkan masyarakat sebaik-baiknya untuk menunjang peningkatan perekonomian.

“Kemudian tidak lepas juga muda-mudi pun harus tersentuh pemberdayaan serta peningkatan SDM-nya. Sehingga mereka mempunyai daya saing di era digitalisasi ini,” ucapnya.

Menurutnya, suatu daerah bisa semakin maju ketika mampu memberdayakan pemudanya sebaik mungkin. Karena, dari tangan-tangan muda inilah kreativitas, inovasi dan terobosan yang menyesuaikan zaman dan potensi bisa lahir. (ujg/yfi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.