Sabhara Polres Tasik Kota Selamatkan Korban Tenggelam di Situ Gede

2022
0

KOTA TASIK – Agar selalu sigap dan siags dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam, Sabhara Polres Tasikmalaya Kota melalui unit rescue melakukan simulasi kesiapsiagaan bencana banjir di Situ Gede, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Kamis (9/1) siang.

Kasat Shabara Polres Tasikmalaya Kota, AKP Dian Rosdiana mengatakan, dalam simulasi ini pihaknya harus selalu siap siaga bencana melakukan evakuasi dan penanganannya.

“Dan pelatihan itu guna mengasah kemampuan anggota agar selalu siap ketika diturunkan ke lokasi bencana alam,” ujarnya kepada wartawan usai simulasi.

“Memang jika melihat kejadian ke belakang, lokasi yang terbirang rawan banjir di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota hanya terjadi di satu titik yakni di Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya” sambungnya.

Dia menerangkan, dalam siap siaga bencana alam ini pihaknya telah melakukan simulasi penyelamatan korban yang tenggelam di dalam danau, sehingga korban berhasil diselamatkan dari maut.

“Dalam simulasi ini untuk kita lakukan penyelamatan korban dan mengatasi berbagai rintangan di saat kejadian bencana dengan menurunkan 1 unit Rantis Rescue, 1 unit perahu but, 2 perahu karet, 2 unit Kano, 2 unit full bodi harnes, 10 pelampung, 4 buah tabung oksigen, 1 jenset, 5 buah tali karmantel, 9 webing, 10 gayung, 2 unit senso, dan lain sebagainya,” paparnya.

Selain untuk menjaga kesiapsiagaan bencana alam, jelas dia, juga dilakukan pemeriksaan alat-alat evakuasj kebencanaan.

“Ini agar apabila pada saatnya nanti dipergunakan tidak ragu dan tim kita memiliki keterampilan yang andal ketika terjadi kesiapsiagaan,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.