Saka Tarunabumi Kota Tasik Komitmen Lestarikan Hutan

51
0
ISTIMEWA. HARI MENANAM POHON. Plt Wali Kota Tasikmalaya sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf (ketiga, kanan) bersama Gerakan Pramuka Saka Tarunabumi Kota Tasikmalaya menanam pohon di hutan Urug Kecamatan Kawalu, Sabtu (21/11).
ISTIMEWA. HARI MENANAM POHON. Plt Wali Kota Tasikmalaya sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf (ketiga, kanan) bersama Gerakan Pramuka Saka Tarunabumi Kota Tasikmalaya menanam pohon di hutan Urug Kecamatan Kawalu, Sabtu (21/11).
Loading...

TASIK – Gerakan Pramuka Saka Tarunabumi Kota Tasikmalaya dan masyarakat memperingati Hari Menanam Pohon Sedunia di kawasan hutan Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya Sabtu (21/11). Itu sebagai upaya pemulihan ekosistem hutan sebagai jantung kehidupan manusia.

Pimpinan Saka Tarunabumi Kota Tasikmalaya sekaligus Wakil Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya Epi Mulyana SH MH mengatakan, dalam peringatan Hari Menanam Pohon Sedunia ini anggota Pramuka diajak untuk ikut serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dalam upaya pelestarian hutan.

Hal itu sebagai pengamalan Dasa Darma Pramuka yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Dengan ikutnya Saka Tarunabumi dan siswa SMK Kehutanan Sobat Bumi itu sebagai motivasi dan melatih pemuda untuk melaksanakan kegiatan yang positif di masa pandemi Covid-19. Salah satunya reboisasi lingkungan dengan penanaman pohon agar hutan tidak gundul,” katanya kepada Radar, Minggu (22/11).

Sambung Epi, sejak dini mereka dikenalkan penghijauan dan dicetak menjadi aktivis lingkungan sehingga bisa menjaga keseimbangan alam. Dengan begitu akan memberikan manfaat bagi makhluk hidup.

Loading...

“Semoga adanya Gerakan Pramuka ini menciptakan tunas generasi hijau dan pecinta lingkungan alam,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya mendorong agar Gerakan Pramuka Saka Tarunabumi bisa menjadi petani milenial di Kota Tasikmalaya. Karena anggota sudah diberikan peningkatan kapasitas dan kemampuan seputar ilmu pengetahuan dan teknik krida hortikultura, krida tanaman pangan, krida perkebunan, krida peternakan dan krida perikanan.

“Selain penghijauan di hutan mereka juga harus memanfaatkan pekarangan untuk terciptanya ketahanan pangan. Jadi orientasi Gerakan Pramuka tidak hanya kepanduan saja namun terciptanya generasi yang unggul di bidang pertanian,” katanya.

Senada, Plt Wali Kota Tasikmalaya sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf menjelaskan, hutan merupakan salah satu jantung bumi yang memberikan seluruh kehidupan untuk manusia. Jadi ketika hutan rusak maka tidak dapat lagi yang mengatur tata air yang bisa mengakibatkan longsor dan kebanjiran.

“Oleh karena itu, pada momentum Hari Pohon Sedunia ini, saya mengajak seluruh masyarakat, utamanya generasi muda untuk senantiasa menjaga lingkungan di sekitar dengan menanam pohon. Sehingga masa depan bumi pun terjamin,” ujarnya saat menghadiri pembukaan camping bareng di Padepokan Kampung Salapan Kota Tasikmalaya, Sabtu (21/11). (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.