Sale Pisang dari Ciamis Diekspor ke Malaysia

191
0

CIAMIS – Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat di Kabupaten Ciamis masih bisa produktif untuk mengembangkan produk asli olahan.

Terbukti, Kamis (11/6) pagi Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya melepas pengiriman atau ekspor pertama sale pisang organik ke Malaysia.

Baca juga : Diguyur Hujan, Rumah Nenek 86 Tahun Warga Cisaga Ciamis Ambruk

Pelepasan dilakukan secara langsung oleh bupati beserta jajarannya dan para pelaku usaha sale pisang di Halaman Tourism Information Centre Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah produk original Ciamis bisa tembus ekspor. Hal ini jelas perlu disambut baik sebagai upaya mendukung peningkatan ekonomi bagi IKM dan UKM/ Ke depan akan diupayakan untuk dipermudah terkait kebutuhan pengusaha terutama di bidang perizinan,” katanya, menjelaskan.

“Terima kasih kepada pihak eksportir dan para pejuang IKM dan UKM, kita akan mendukung serta siap membantu masyarakat dan mempermudah apa yang dibutuhkan para pengusaha UMKM. Sehingga bisa semakin berkembang dan memajukan perekonomian Ciamis,” jelasnya.

Eksportir sale organik ke Malaysia, Taufiq mengatakan, ekspor sale organik di Ciamis ini yang pertama kalinya.

Ini sebagai upaya memenuhi permintaan enam ton per minggu atau sekira 1.500 bal. Peluang yang harus terjaga dan menggerakan perekonomian lokal.

Selama ini Kabupaten Ciamis memiliki potensi sale pisang di antaranya daerah Pamarican, Banjaranyar, Banjarsari, Lakbok dan Purwadadi, tapi hasilnya masih dijual ke daerah lain atau pasar lokal.

“Permintaan ekspor hanya untuk sale lidah organik untuk saat ini, ke depannya akan ada permintaan sale lidah dengan varian rasa,” paparnya.

Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Ciamis Yuri menuturkan, produk olahan pisang yang diekspor ini menjadi sebuah kebanggaan bagi para pelaku usaha kecil di Ciamis.

Baca juga : Angkum di Ciamis Mulai Beroperasi, Ini Aturannya..

Dengan ini menandakan bahwa hasil produk olahan asli Ciamis bisa diakui dan diminati sampai ke luar negeri.

“Semoga kerja sama ekspor sale ini akan terus berjalan dan baik sebagai upaya peningkatan ekonomi di masyarakat Ciamis meski saat ini di situasi pandemi Covid-19,” tuntasnya. (rls/isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.