Salurkan CSR, 15 Perusahaan Raih Penghargaan

37
MENYERAHKAN. Asisten Daerah II Setda Kabupaten Tasikmalaya H Budi Utarma menyerahkan penghargaan kepada perusahaan yang menyalurkan CSR dengan tepat Selasa (4/12).

TASIK – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memberikan penghargaan kepada 15 perusahaan yang sudah bekerja sama dalam menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya, Selasa (4/12).

Sebanyak 15 perusahaan yang mendapatkan penghargaan dari Badan Milik Usaha Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan swasta. Penghargaan yang diberikan berupa piagam dan piala kepada perusahaan yang sudah menyalurkan dana CSR pada tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tasikmalaya Ir Henry Nugroho MP mengatakan perusahaan tersebut diantaranya PT Telkom Witel Tasikmalaya dengan program rehab rumah veteran.

Kemudian PT Hini Daiki melalui program penyerahan bantuan bagi korban banjir Tasik Selatan. PLN Area Tasikmalaya dengan program pemberdayaan pondok pesantren KH Zainal Musthafa Sukamanah, pemberdayaan pesantren Riyadul Huda Sukarapih Sukarame dan program pembangunan sarana Ponpes Miftahul Ulum Kadipaten.

Kemudian, kata dia, BTPN Tasikmalaya memberikan CSR layanan kesehatan dan pelatihan kewirausahaan. BPR Nusamba Singaparna program bakti sosial lembaga kesejahteraan sosial tumpuan harapan. BPR Artha Sukapura melalui program rumah tidak layak huni di Desa Setiawangi Kecamatan Jatiwaras dan bantuan untuk korban bencana alam, buka bersama yatim piatu dan baksos 450 paket sembako.

Lanjut dia, ada juga PT SAN N Garmindo memberikan bantuan melalui program turnamen sepak bola, pembangunan tempat tinggal ustaz, lomba keagamaan madrasah diniah di Desa Dawagung Kecamatan Rajapolah. BPR CIJ memberikan bantuan program pembangunan MCK di Desa Cikawungading Cipatujah, renovasi Masjid Baiturahman Cikidang Cipatujah serta bantuan DKM, Karang Taruna dan Yayasan Bustanul Ulum Waddahwah Bantarkalong. Selain itu ada juga pemasangan PJU, pembangunan RKB, RTLH, rehab masjid dan madrasah serta 20 paket sembako.

Kemudian, terang dia, PT LKM Pancatengah Tasikmalaya melalui program sunatan massal, santunan anak yatim piatu dan jompo, rehab Masjid Besar Pancatengah, pembangunan madrasah, toilet masjid babakan dan rehab MCK. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya dengan program CSR demplot dan pendampingan budidaya bawang merah seluas dua hektare di Kecamatan Taraju, pemberdayaan pondok pesantren Cipasung, Suryalaya dan Al-Idrisiyyah berupa sarana produksi pertanian untuk budidaya sayuran dan BI corner STIELM Suryalaya.

Lanjut dia, BPR Artha Galunggung meraih penghargaan dengan program bantuan rehabilitasi masjid, rumah tidak layak huni, santunan yatim piatu dan jompo. Termasuk bantuan korban bencana tanah longsor dan banjir. INDOMARCO dengan CSR rehab ruang kelas SD. PDAM melalui program pesantren, bantuan pengadaan mesin pompa air Kecamatan Ciawi, bantuan bencana Donggala dan Palu, rehab masjid dan bantuan pemasangan jaringan air.

Tambah dia, untuk PT BANK BJB Cabang Singaparna dengan bantuan ke pesantren, bantuan cabang olahraga panjat tebing, bantuan Karang Taruna dan wisata religi. Telkomsel bantuan seragam sekolah dan kompor gas.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi setinggi-tingginya, kepada 15 perusahaan yang telah bekerja sama dalam penyaluran dana CSR-nya. Kami berharap bahwa perusahaan lain pun turut serta dalam mekanisme tersebut. Saya yakin bahwa perusahaan-perusahaan ini telah menyalurkan dana CSR dalam bentuk bantuan langsung kepada masyarakat,” ungkapnya.

Henry berharap perusahaan-perusahaan baik BUMN, BUMD mau pun swasta untuk meningkatkan program CSR dan penyalurannya tepat sasaran, sesuai dengan prioritas kebutuhan daerah.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP menambahkan pemerintah sangat membutuhkan kehadiran perusahaan yang memberikan CSR kepada masyarakat.

“Hampir semua sumber alokasi anggaran belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena usulan dari masyarakat melalui musrenbang membutuhkan anggaran Rp 7 triliun. Sedangkan kemampuan APBD hanya Rp 3 triliun. Maka hadirnya CSR ini sangat membantu pemerintah,” ungkapnya. (dik/adv)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.