Sampah di Terminal Pangandaran Berceceran

27

PANGANDARAN – Gundukan sampah terlihat di sudut Terminal Pangandaran, sampah tersebut terlihat sudah membusuk dan belum diangkut dalam beberapa hari.

Salah seorang warga, Iwan (40) mengatakan gundukan sampah tersebut membuat Terminal Pangandaran tidak nyaman.

”Harusnya, ada bak penampungan sampah, jadi tidak perlu menunggu beberapa hari sampai diangkut petugas,” ungkapnya kepada Radar, Minggu (10/2).

Hal sama dikatakan, warga yang sering mangkal di Terminal Pangandaran Husen Nurjaman (50) mengatakan tumpukan sampah itu sering dibiarkan sampai beberapa hari. ”Tapi sering diangkut kok, mungkin kalau yang pertama melihat akan terasa kumuh,” ucapnya.

Ia pun berharap ada penampungan sementara sampah sebelum diangkut ke TPA. ”Supaya tidak menggunduk begitu, kelihatannya kotor sekali,” tuturnya.

Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Abay Bayanullah mengakui pengelolaan sampah di Terminal Pangandaran merupakan kewenanganya.

”Iya, disitu memang ada pegawai untuk membereskan sampah, tapi sudah tua dan saya sering mengerahkan anak buah untuk membantu,” jelasnya.

Menurut dia, yang membuang sampah di terminal ternyata bukan pedagang dan pengunjung saja. ”Tapi yang membuang disana juga dari mana-mana, sehingga untuk menarik retribusinya sangat sulit,” tuturnya.

Namun, pihaknya berjanji akan segera memasang tmpat pembuangan sampah tertutup di terminal itu. ”Saya barusan nelpon ke terminal dan katanya mereka mengizinkan untuk memasang tempat sampah disana, asalkan yang tertutup,” ujarnya.

Abay menambahkan Dinas LH memiliki tempat sampah tertutup, merupakan bantuan dari Kementerian PUPR. ”Kami akan pasang segera disana , mudah-mudahan sampahnya tidak berceceran lagi,” tegasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.