Sampah Menumpuk, Tak Cerminkan Peraih Adipura

49
PASANG SPANDUK. Masyarakat memasang spanduk larangan buang sampah di pinggir Jalan Pahlawan, Minggu (19/5).

CIAMIS – Ketua Umum Paguyuban Peduli Alam dan Lingkungan Galuh Asri (Pedal Gas) Kabupaten Ciamis Noer JM menyebutkan, pembuang sampah di pinggir jalan sulit dikendalikan. Dia sangat prihatin padahal spanduk larangan buang sampah sembarangan sudah dibentangkan.

“Jadi masyarakat sekitar juga menduga bahwa sampah tersebut dibuang oleh warga yang lewat, namun dampak baunya justru kenanya ke warga sekitar,” kata Noer kepada Radar, Minggu (18/5).

Menurut dia, realita tersebut menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan masih kurang. Padahal, masih banyak tempat-tempat pembuangan sementara. Sampah tidak boleh dibuang begitu saja di pinggir jalan yang bukan peruntukannya. “Kami sebagai yang peduli lingkungan, sangat menyayangkan tindakan tidak terpuji tersebut, karena merugikan orang lain,” tuturnya.

Dia berharap pemerintah atau dinas terkait bisa mengatasi tumpukan sampah yang dibuang di pinggir Jalan Pahlawan. Penyediaan tempat sampah di lokasi tersebut diperlukan karena peringatan spanduk tidak diindahkan. Bila ada tempat pembuangan sampah di sana akan lebih rapi dan baunya tidak seberapa. “Ciamis ini sudah jelas berulang kali dapat Adipura, makanya masyarakatnya tetap mempertahankan, salah satunya dengan cara selalu menjaga lingkungan tetap bersih dan indah di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Yusup (41), warga Jalan Taman Pahlawan menyatakan warga setempat sudah jengkel dengan pembuang sampah dari luar wilayah itu. Mereka membuang sampah di trotoar jalan seenaknya. Akibatnya sampah tersebut menim­bulkan bau busuk setiap hari. Bahkan tidak enak dipandang. Meski sudah dipasang spanduk jangan buang sampah di trotoar, tetap saja tidak diindahkan. “Kami berharap kepada pemerintah pasang saja tempat sampah besar agar tidak buang sampah sembarangan,” katanya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.