Sampah Plastik Sulit Diatasi

30
DIBERSIHKAN. Warga dan TNI saat membersihkan sampah plastik di Pantai Pangandaran beberapa waktu lalu. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran menyebutkan banyak sekali sampah plastik yang mengalir dari sungai masuk ke laut Pangandaran. Sampah tersebut berasal dari kiriman luar daerah.

”Banyak sampah plastik atau rumah tangga yang terbawa arus sungai, kemudian terdampar di Pantai Pangandaran. Jumlahnya sangat banyak,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Pangandaran Surya Darma kepada Radar, Jumat (17/5).

Menurut dia, Pangandaran selalu disalahkan soal penumpukan sampah plastik di pantai, padahal sampah tersebut berasal dari luar kabupaten. ”Mereka yang membuang, kita yang membersihkan,” ujarnya.

Surya mengaku belum bisa menemukan solusi mengatasi penumpukan sampah plastik di Pantai Pangandaran. ”Kalau untuk menghentikannya belum ada solusi, kita hanya bisa membersihkan saja,” tuturnya.

Sampah plastik ini, menurut Surya, sangat sulit sekali di urai, jika dibandingkan dengan jenis sampah lain. ”Kalau sampah kayu atau yang lain, masa urainya sangat cepat,” tuturnya.

Salah seorang wisatawan, Rinda (30) mengatakan sampah plastik di Pantai Pangandaran harus ditangani lebih serius. ”Sampah masih banyak ditemukan di sini, saya kira pemerintah setempat harus lebih serius dalam penanganannya,” singkatnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.