Sampah Sumbat Saluran Air

257
0
RAWAN BANJIR. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman meninjau saluran drainase yang masih dalam proses pembangunan di Jalan KHZ Mustofa Sabtu (18/11).

TASIK – Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman meninjau Jalan KHZ Mustofa yang sering digenangi banjir kemarin (18/11). Baru saja turun dari mobil, di Persimpangan Na­ga­ra­wangi, Budi disuguhi setumpuk sampah yang berasal dari saluran drainase. Dia pun sempat terlihat kaget dengan kondisi itu.
Di titik lain –masih di Jalan KHZ Mustofa– orang nomor satu di Kota Tasikmalaya ini juga mendapati sejumlah bangunan liar semi permanen berdiri di atas saluran air. Dia langsung menginstruksikan Satpol PP melakukan penertiban sesegera mungkin.
Budi menegaskan pem­ba­ngunan drainase ditujukan unt­uk mengantisipasi banjir. Masih terjadinya genangan air disebabkan pengerjaan pro­yek drainase belum tuntas. Sehingga, hasilnya belum terlihat. “Ini kan belum beres. Kita akan evaluasi lagi setelah pembangunannya selesai,” tandasnya.
Dia mengatakan Pemerintah Kota Tasikmalaya akan berupaya melakukan pem­bangunan drainase secara ber­kelanjutan. Sehingga, ha­silnya akan lebih maksimal.
“Kalau di sini dibangun (drainase) tapi terusannya masih kecil, tetap saja akan menimbulkan masalah,” ungkapnya.
Soal penertiban bangunan liar di atas saluran air, Budi menuturkan hal itu juga bagian dari upaya mengatasi banjir.
Sebab, kehadiran bangunan liar tersebut disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Dia meminta Satpol PP melakukan penertiban sesegera mungkin. “Sesuai prosedur saja. Kan, ada tahapan-tahapannya,” tuturnya.
Budi pun mengimbau masyarakat tidak membuang sam­pah ke saluran air agar tidak menyebabkan banjir. Selama ini masyarakat kerap membuang sampah sem­barangan sehingga menyum­bat saluran air. “Bagaimana saluran bisa lancar kalau banyak sampahnya,” pung­kasnya. (rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.