Sampling Swab Test Rutin untuk Wisatawan Pangandaran

89
0
radartasikmalaya
Pintu masuk kawasan wisata Pantai Pangandaran. radartasikmalaya.com
Loading...

PANGANDARAN – UPTD Labkesda Kabupaten Pangandaran masih rutin melakukan tes swab bagi wisatawan di Kabupaten Pangandaran.

Kepala UPTD Labkesda Kabupaten Aang Saeful Rahmat mengatakan setiap minggunya Labkesda mengambil sample swab tes para wisatawan, sebagai bentuk preventif penularan covid-19 di kawasan wisata. “Biasanya setiap Rabu dan Kamis kita ambil sample-nya,” kata dia kepada Radar, Senin (19/10).

Menurutnya, ada 20 sampai 25 wisatawan yang diambil sample-nya dalam swab tes tersebut. “Kebanyakan kita lakukan swab tes untuk pelaku wisata di Pantai Pangandaran,” ujarnya.

Alasannya karena kawasan wisata Pantai Pangandaran paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga risiko penularan sangat besar terjadi di sana. “Terakhir kita juga coba ambil sample di kawasan wisata lain seperti Batuhiu dan Batukaras,” jelasnya.

Baca juga : 3 Warga Wonoharjo Pangandaran Positif Corona, 1 Pemilik Kios Minuman

Loading...

Untuk minggu ini dipastikan tidak akan ada pengambilan sample kepada pelaku wisata, karena mereka sedang fokus pada tracking kasus covid-19 di Wonoharjo dan Parakanmanggu. “Kita akan lanjutkan nanti, kalau tracking-nya sudah selesai,” tuturnya.

Kata dia, berdasarkan surat edaran Kemenkes menyebutkan bahwa biaya swab tidak boleh lebih dari Rp 900 ribu. “Tapi katanya itu sedang dievaluasi lagi sekarang,” ujarnya.

TRACKING COVID-19 SEDANG DILAKUKAN
Buntut dari ditemukannya kasus positif covid-19 di Wonoharjo dan Parakanmabggu, pihak Labkesda melakukan swab tes di tempat-tempat tersebut. “Wonoharjo ada 26 dan Parakanmanggu 39 orang yang di swab, plus enam yang di RSUD Pandega,” katanya.

Menurut dia, sample tersebut sebagian dibawa ke Labkesda Jawa Barat. “Jadi hasilnya belum bisa diketahui, sebagian dibawa ke provinsi,” ucapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.