Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

42%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.7%

0%

Samsat Ciamis Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

89
0

CIAMIS – Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ciamis (Samsat Ciamis) Ir Andri Arfiana mengatakan, sampai saat ini masih ada wajib pajak yang belum melakukan kewajiban pembayaran kendaraan bermotor. Hal itu berpotensi kedaluarsa.

Agar potensi dari pajak kendaraan bermotor bisa menjadi pendapatan, maka Gubernur Jawa Barat melalui Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat mengeluarkan keputusan. Yaitu, Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 973/443-Bapenda/2019 tanggal 01 Nopember 2019 tentang Pemberian Pengurangan Pokok dan/Atau Sanksi administratif berupa Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

“Keputusan ini merupakan salah satu program dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah dari sektor penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB), kepastian pemenuhan kewajiban pembayaran PKB dan meningkatkan kesadaran masyarakat Jawa Barat terhadap kewajiban dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Sekaligus juga meringankan masyarakat Jawa Barat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor,” ujarnya dalam rilis kemarin.

Program tersebut, kata dia, meliputi pengurangan pokok pajak kendaraan bermotor dan atau dan keduanya pembebasan sanksi administratif berupa denda pajak kendaraan bermotor.

Program pengurangan/pembebasan ini dilakukan dengan ketentuan, pengurangan satu tahun pokok PKB terhadap wajib pajak yang terlambat melakukan. Berikutnya, pembayaran PKB sampai dengan lima tahun atau lebih dari masa berlaku pajak dan pembebasan sanksi administratif berupa denda PKB diberikan kepada wajib pajak yang melewati masa berlaku pajak. “Tidak termasuk keterlambatan pembayaran pokok PKB atas penyerahan pertama (kendaraan baru),” ujarnya.

Program pengurangan pokok dan pembebasan denda ini diberlakukan bagi masyarakat (wajib pajak) yang melakukan pembayaran pajak terhitung mulai tanggal 10 November sampai  dengan 10 Desember 2019. “Diharapkan dari program ini dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor PKB, meningkatkan kesadaran sekaligus meringankan masyarakat Jawa Barat dalam membayar pajak kendaraan bermotor,” harapnya.

Pihaknya juga mengimbau khususnya kepada masyarakat Ciamis, agar dapat  memanfaatkan kesempatan ini pada waktunya, karena dengan mengikuti program ini. Tentunya, masyarakat dapat dobel untung, yaitu dapat bebas denda pajak dan dapat diskon pokok  tunggakan pajak kendaraan bermotor.

“Kami berharap agar seluruh mitra kerja Samsat Ciamis serta Pemerintah  Kabupaten Ciamis dapat membantu menyosialisasikan program ini kepada seluruh masyarakat wajib pajak yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.