Sandi Berbagi Ilmu Jadi Pengusaha di Tasikmalaya

89
SAMBUT CAWAPRES. Ketua KPPW PAN Jawa Barat Deni Sagara memaparkan tujuan kedatangan cawapres Sandiaga Salahudin Uno bersilaturahmi dengan penggerak UKM dan Milenial Entrepreneur di Kafe Kabeuki Jalan Sirnagalih Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya Senin (15/10). (Rangga Jatnika / radartasikmalaya.com)

TASIK – Dalam kunjungannya ke Kota Tasikmalaya, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno bersilaturahmi dan berbagi tips dengan Penggerak UKM dan Milenial Entrepreneur di Kabeuki Resto Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya Senin (15/10).

Menurut Sandi, ada empat kunci sukses yang perlu dipegang supaya bisa sukses dalam usaha.

Pertama kerja keras, dimana pelaku usaha harus gigih dalam mengembangkan usaha yang dijalani. “Orang Tasik terkenal pekerja keras,” ujarnya.

Kedua yakni kerja cerdas, dimana sebagai pengusaha harus mampu berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan khususnya di era digital dimana segala hal bisa dilakukan melalui internet.

“Kita diberi ilmu pengetahuan oleh Allah SWT, makanya kita harus kerja cerdas,” katanya.

Ketiga yakni kerja tuntas, pelaku usaha tidak boleh putus asa dan menyerah hanya karena kendala yang dihadapi. Justru, kata Sandi, setelah kendala tersebut terlewati maka usaha yang dilakukan akan menunjukkan hasil yang positif.

Baca Juga : Sandi: Emak-Emak Marah

Baca Juga : Buruan Selfie Kaum Hawa

“Biasanya agak susah sedikit langsung putus asa, jangan pernah putus asa karena orang yang susah akan maju setelah dia bangkit,” terangnya.

Keempat yakni kerja Ikhlas, dimana pelaku usaha harus punya dasar keikhlasan atas apa yang dilakukan. Jika keempat hal tersebut bisa dilaksanakan dia yakin pengusaha akan sukses.

BERBAGI TIPS. Sandiaga Uno dan Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan berbagi pengalaman dan kiat menjadi pengusaha sukses.

Saat ini, kata Sandi, kondisi perekonomian Indonesia tengah terpuruk di mana kurs dolar tembus Rp 15 ribu. Dalam kondisi tersebut, kuliner adalah bidang usaha yang bisa lebih maju dibandingkan bidang usaha lainnya.

“Meskipun dolar tinggi, kuliner akan tetap berkembang selama kita punya inovasi,” katanya.

Owner Kabeuki Kafe, Deni Sagara menjelaskan pertemuan Sandi dengan penggerak UKM dan milenial agar mendapatkan wawasan lebih dari Sandiaga Uno. Menurutnya, Sandi merupakan figur pengusaha yang sukses di usia muda.

“Bang Sandi bisa menjadi teladan untuk para pengusaha UKM dan Milenial Entrepreneur supaya bisa ikut sukses,” kata Pria yang juga ketua KPPW PAN Jawa Barat itu.

Pendiri Institute Sarjana Desa (Isdesa) itu pun menyebutkan produk yang ada di kafenya merupakan hasil karya ibu-ibu warga sekitar. Sehingga kafe tersebut diharapkan bisa maju dan memberikan keberkahan untuk masyarakat.

“Mudah-mudahan menjadi kabeuki sarerea,” ungkap Deni yang juga caleg DPR RI dari PAN itu.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan. Keakraban terlihat cukup kental antara Zulkifli Hasan, Sandiaga Uno dan Deni Sagara selama kegiatan berlangsung.(rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.