Sandingkan Herdiat dengan Yana

270
0
ISTIMEWA DIRESTU ORMAS. H Herdiat Sunarnya dan Yana D Putra duduk berdampingan dalam pertemuan perwakilan ormas Islam di rumah Ketua Tanfidiyah NU Kabupaten Ciamis KH Agus Abdul Kholik di Desa Pamalayan Kabupaten Ciamis Rabu malam (25/10).

CIAMIS – Perwakilan sejumlah ormas Islam menggelar pertemuan di rumah Ketua Tanfidiyah NU Kabupaten Ciamis KH Agus Abdul Kholik di Desa Pamalayan Kabupaten Ciamis Rabu malam (25/10), pukul 19.00. Terdiri dari Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persatuan Umt Islam (PUI) dan Syarikat Islam (SI).
Dalam kesempatan itu mereka juga mengundang H Herdiat Sunarya dan Yana D Putra. Keduanya disandingkan sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ciamis 2018.
Dendeu Rifa’i Hielmy yang menjadi juru bicara dalam pertemuan tersebut mengungkapkan pertemuan dilatarbelakangi keinginan ormas Islam di Ciamis untuk menjaga kesinambungan ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa) dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia).
“Secara otomatis, ketika ada perhelatan kepemimpinan di Ciamis, dimana ormas-ormas juga merasa harus kemudian mempunyai sikap dan rekomendasi, untuk ukhuwah wathaniyah atau ukhuwah kenegaraan,” ungkap pria yang menjabat Ketua GP Ansor Kabupaten Ciamis ini kepada Radar, kemarin (26/10).
Menurut dia, dalam pertemuan itu tokoh-tokoh ormas Islam awalnya memperbincangkan figur yang cocok dan bisa merepresentasikan keinginan mereka di pemerintahan. Setelah melewati sejumlah kajian, akhirnya muncul beberapa nama. Diantaranya adalah H Herdiat Sunarya dan Yana D Putra. Herdiat Sunarya merepresentasikan kaum Nahdliyin dengan kemampuan yang terukur. Sedangkan Yana D Putra bisa merepresentasikan Muhammadiyah, PUI dan SI. “Pada dasarnya tetap kami mengerucut ke sana (keterwakilan ormas Islam, Red). Setelah dikaji mengerucutnya kepada dua nama tersebut,” paparnya.
Keduanya kemudian diundang secara mendadak untuk hadir dalam pertemuan itu. Dan, baik Yana maupun Herdiat sama-sama menyatakan siap dipasangkan kalau memang diinginkan oleh ormas Islam. Apalagi, ormas-ormas yang mengikuti pertemuan itu juga memiliki irisan dengan sejumlah partai politik. Seperti NU dengan PKB dan Muhammadiyah dengan PAN.
Dendeu berharap hasil pertemuan ormas Islam itu bisa menjadi patokan bagi partai politik yang masih bingung menentukan dukungan untuk pilkada. “Mudah-mudahan bisa menjadi masukan pokok bagi partai-partai politik. Bisa menjadi kebijakan dalam mengambil keputusan,” harapnya.
Terpisah, Yana D Putra mengaku siap disandingkan dengan Herdiat bila memang diinginkan. Hal itu dia anggap sebagai amanah yang harus dipertanggungjawabkan. “Saya jujur kaget dengan adanya ormas mengundang dan menyandingkan saya (dengan Herdiat),” singkatnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.