Sang Pahlawan Pulang Naik Elf, Peraih Emas di SEA Games Harusnya Dapat Sambutan

606
0
ISTIMEWA KOMPAK. Muhammad Taufik (tengah) kompak foto bersama Ketua KONI Kabupaten Tasikmalaya H Saeful Hidayat (dua kiri), Selasa (10/12).
Loading...

PUSPAHIANG – Muhammad Taufik (30), pahlawan olahraga peraih medali emas dan perunggu pada cabang triathlon dan modern pentathlon di SEA Games 2019 pulang ke kampung halamannya di Kecamatan Puspahiang menggunakan angkutan umum, elf, Senin (9/12).

Kata Taufik, setelah sampai di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sempat menawarkan para atlet untuk beristirahat dulu di hotel yang sudah disediakan. “Namun, kebanyakan para atlet lebih memilih untuk langsung pulang ke kampung halaman, termasuk saya,” ujarnya saat dihubungi Radar, Selasa (10/12).

Lanjut dia, menyikapi keinginan para atlet, akhirnya Kemenpora menyediakan kendaraan untuk mereka pulang ke kampung halamannya. “Saya memang tidak langsung menuju Tasikmalaya, karena akan menjemput dulu istri di Bandung. Jadi saya berhenti di Bandung dan melanjutkan perjalanan ke Tasikmalaya dengan istri menggunakan angkutan umum,” ujarnya.

Taufik mengaku saat akan pulang ke Tasikmalaya bersama istri tidak memberi tahu siapa pun, termasuk Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan keluarga di rumah. “Saya hanya memberi tahu KONI bahwa akan pulang 10 Desember. Saya sudah terbiasa sendiri, kalau memberikan kabar khawatir akan merepotkan orang lain,” ujarnya, menjelaskan.

Memasuki wilayah Kabupaten Garut, Taufik mengaku sempat menelepon kakaknya yang sedang berada di rumah dan meminta untuk dijemput. “Saya memberi kabar bahwa sedang di jalan menggunakan elf dan kakak saya langsung video call memastikan kebenaran itu, karena dia kaget dan juga tidak tahu saya menuju pulang,” katanya.

Kebetulan, kata dia, pada saat video call sedang ada tamu dari Polsek Puspahiang. Kemungkinan polsek langsung merespons setelah tahu saya pulang menggunakan angkutan umum dan memberitahukannya ke pimpinannya.

“Kemudian saya bersama istri dijemput oleh rombongan Polres Tasikmalaya di Cilawu Garut dan dibawa ke mako untuk makan malam, diberi uang pembinaan dan diantarkan ke rumah di Puspahiang,” ujarnya.

Loading...

Ketua KONI Kabupaten Tasikmalaya H Saeful Hidayat mengatakan, pihaknya tidak mengetahui bahwa Taufik akan pulang pada Senin (9/12). “Taufik orangnya memang perasa dan tidak mau merepotkan orang lain. Tadi (kemarin) juga kami datangi tidak apa-apa,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi mengaku prihatin putra terbaik asal Tasikmalaya yang sudah mengharumkan bangsa dengan raihan medali emas di SEA Games 2019 harus pulang ke rumahnya menggunakan angkutan umum. “Seperti apa pun alasannya, rasanya kurang elok kalau pahlawan olahraga ini harus pulang menggunakan angkutan umum. Ini merupakan miskomunikasi dan harus segera diperbaiki,” katanya.

Lanjut dia, Taufik sudah berhasil mengharumkan Kabupaten Tasikmalaya bahkan Indonesia di kancah internasional. Sehingga sudah selayaknya ketika dia pulang ke kampung halaman mendapatkan sambutan terbaik untuk memberikan penghargaan. Sehingga, apa yang sudah dilakukannya benar-benar merasa dihargai. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.