Utamakan Penyadaran Agar Tak Buang Sampah Sembarangan

Sanksi Belum Bisa Diterapkan

19
0
H Rudy Gunawan

GARUT KOTA – Bupati Garut H Rudy Gunawan mengaku belum bisa menerapkan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

“Kita belum bisa laksanakan itu (tipiring), banyak hal yang harus dipertimbangkan. Saya lebih baik melakukan penyadaran masyarakat daripada sanksi,” ujarnya kepada wartawan Minggu (30/6).

Menurut dia, masalah sampah memang menjadi persoalan serius yang saat ini dialami Pemkab Garut. “Kalau tipiring diberlakukan, nanti pengadilan penuh. Lebih baik preventif saja, menyadarkan masyarakat,” terangnya.

Dia mengatakan regulasi terkait sampah sudah ada dalam undang-undang serta peraturan daerah (perda). Garut dinilainya belum bisa memberlakukan tipiring dalam waktu dekat karena perlu sosialisasi dan penghitungan matang.

“Memang karena keterbatasan lahan, kalau di gang-gang sempit mau dimana buang sampah. Jadi susah lah aturan itu diterapkan, mendingan melakukan penyadaran,” ujarnya.

Terkait permasalah sampah, dirinya tidak ingin saling tuding. Yang jelas, kata dia, dalam upaya menyelesaikan permasalahan sampah semua elemen masyarakat dan pemerintah harus saling membantu. “Kalau di hulunya (masyarakat) bisa terkendali, di hilirnya tidak akan jadi masalah. Malah akan indah,” terangnya.

Meski saat ini sampah menjadi masalah, tetapi pihaknya bertekad meraih penghargaan Adipura dua tahun mendatang. “Kami tegaskan sekarang bertekad tahun 2021 mendatang Garut merebut Adipura,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut H Guriansyah mengaku tengah mengkaji penerapan sanksi tipiring, baik berupa denda uang maupun kurungan terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

“Ini baru rancangan dan rencana dulu, belum matang,” terangnya. Rencana pemberian sanksi tersebut dilakukan untuk membuat efek jera masyarakat yang masih membuang sampah sembarang. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.