Santri Didorong Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

200
0
KOMPAK. Santri Pondok Pesantren Al-Muttaqin Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya kompak foto bersama Tim PPM Universitas Siliwangi usai acara, Minggu (21/7).
Loading...

TASIK – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Siliwangi melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) dengan tema Pelatihan Keterampilan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Sasarannya santri Pondok Pesantren Al-Muttaqin Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Minggu (21/7).

Tim PPM mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi terdiri dari Drs Edi Hernawan MPd, Popo Musthofa Kamil SPd MPd dan Rita Fitriani SPd MPd.

Rita Fitriani, pemateri dalam kegiatan ini mengatakan, tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada santri agar dapat berperilaku sehat dalam setiap sendi kehidupan yang mereka jalani. “Ajaran Islam sangat menganjurkan umatnya untuk senantiasa hidup bersih. Karena kebersihan itu sebagian dari iman,” kata dia.

Popo Musthofa Kamil SPd MPd, salah satu narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan, bahwa perilaku hidup bersih dan sehat itu merupakan hal yang sangat penting bagi santri guna terbentuknya badan sehat,  jiwa kuat serta dalam prakteknya merupakan perilaku yang bernilai ibadah. “Hal tersebut berdampak luas ter­hadap ke­hidu­pan ber­­bangsa dan ber­agama,” ujarnya.

Kata dia generasi muda bangsa harus kuat, sehat serta jauh dari berbagai hal yang dapat me­rusak masa de­pannya. “Keterampilan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ini agar dapat menjadi jati diri dalam setiap perilaku kehidupan santri ke depannya,” ujarnya.

Ketua DKM Al-muttaqin Ustd Asep Hidayat menyambut baik kegiatan ini, karena menurutnya sangat berpengaruh pada kehidupan santri. “Solusi yang tepat adalah kembali pada bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat santri itu sendiri,” katanya.

Ketua Majlis Talim Al-Muttaqin Ustaz Ubun Bunyamin SAg mengapresiasi kegiatan ini. Me­nurut­nya, dengan ke­giat­an ini bisa ter­bangun sinergis antara akademisi dengan pondok pesantren dalam berbagai bidang, di antaranya kesehatan. “Kegiatan ini sangat penting dalam membangun generasi muda yang intelektual dan berakhlak,” ujarnya.(obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.