Santri Penghafal Alquran Ngaji Bareng

101
0

KALIPUCANG – Baru terbentuk, organisasi para Hafidz Alquran Kabupaten Pangandaran Jam’iyatul Quro Wal Huffad menunjukan eksistensinya.

Mereka meluncurkan program Semaan, yakni tradisi membaca dan mendengarkan Alquran di Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Minggu (27/1).

Dalam acara perdana itu, sebanyak 500 santri turut serta. Diantara mereka, ada sepuluh hafidz. Pembacaan Alquran dimulai usai salat sampai menjelang salat dzuhur. Dibagi dua majelis, masing-masing membaca 15 juz.

Ketua Jamitaul Quro Wal Huffadz Pangandaran Kiai Khozin mengataka, program Semaan Alquran rencananya diselenggarakan setiap bulan.

“Nanti kita akan keliling ke seluruh wilayah di Kabupaten Pangandaran. Untuk yang perdana ini, kita sengaja mengambil tempat di Pesantren Sabilil Muttaqien, karena pesantren ini merupakan tempat yang paling siap untuk penyelenggaraan acara,” ujarnya.

Selain itu, Ponpes Sabilil Muttaqien juga memiliki program hafalan Alquran yang setiap tahunnya sukses mencetak para penghafal 30 juz.

Dikatakannya, saat ini sudah ada sekitar 25 para hafidz Alquran di Kabupaten Pangandaran yang bergabung di organisasinya.

“Kemungkinan jumlah ini akan bertambah. Karena diperkirakan masih banyak para hafidz yang belum terdaftar,” ujarnya.

Pembimbing program Tahfidz Alquran PSM Ustaz Makruf mendukung kegiatan semaan tersebut. Selain sebagai sarana silaturahmi, juga menjadi media untuk menanamkan kecintaan kepada Alquran.

“Salah satu manfaat mengikuti semaan Alquran yaitu munculnya rasa ketenangan dan kenyamanan dalam hati. Dan ini akan memberikan dampak positif dalam kehidupan,” ujarnya.

Ia mengajak para jamaah menghadiri majelis-majelis semaan Alquran, “Insyaallah disana doa dan harapan akan terkabul,” pungkasnya. (nay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.