Santri Persis Sindangkasih Ciamis Finalis Lomba Karya Tulis di UNPAD

804
0
ISTIMEWA PRESTASI. Dua santri MA Persis Sindangkasih Kelas XII IPA jadi finalis Lomba Karya Tulis 2020 di UNPAD, Minggu (11/10).

CIAMIS – Dua orang santri MA Persis Sindangkasih kelas XII IPA, Bagja Hanifa Hilmana dan Sabrina Mufidatul Ummah masuk finalis Lomba Karya Tulis 2020 di UNPAD dengan tema Pembangkit Listrik Berbasis Gravitasi Bumi Sebagai Sumber Energi Terbarukan.

Kepala Sekolah MA Persis Sindangkasih Kabupaten Ciamis Parid Wadji SPd mengatakan, pihaknya sangat bangga terhadap santri yang sudah tampil baik pada lomba yang diselenggarakan UNPAD.

Baca juga : Mayat Bayi Busuk Tanpa Kaki & Kelamin Ditemukan di Bojong Ciamis

“Di mana dengan nama Tim Alkwarizmi, alhamdulillah mereka berdua bisa masuk finalis Lomba Karya Tulis (LKTI) Futura 2020 yang diselenggarakan oleh UNPAD. Mereka mengambil tema/judul tentang  Pembangkit Listrik Berbasis Gravitasi Bumi Sebagai Sumber Energi Terbarukan,” ujarnya kepada Radar, Minggu (11/10).

“Mudah-mudahan ide ini menjadi awal proyek ke depan dalam hal energi terbarukan dan mendorong para santri agar menjadi umat yang mampu berbuat banyak untuk memakmurkan alam raya ini sebagai tugas penghambaan kita kepada Allah Swt,” katanya, menambahkan.

Menurutnya, ide energi alternatif yang mudah didapat dan murah dalam mendapatkannya, diharapkan ke depannya semoga para santri ini terus semangat dalam riset untuk kemaslahatan umat. “Kami tentunya bangga dan kami terus mendukunga dan agar nanti hasilnya memuaskan,” ujarnya.

Bagja Hanifa Hilmana, sala satu santri yang masuk finalis mengatakan bahwa awal mula ide gagasan ini didasari atas besarnya kebutuhan masyarakat terhadap energi.

Energi yang banyak digunakan sampai saat ini berasal dari bahan bakar fosil, akan tetapi penggunaan bahan bakar fosil dapat berdampak buruk bagi keseimbangan lingkungan serta memiliki keterbatasan penggunaan di masa yang akan datang.

“Melihat hal ini kami berinovasi untuk memanfaatkan gaya gravitasi bumi sebagai sumber energi terbarukan, gravitasi bumi itu memiliki kelebihan di antaranya, skema dan operasional yang sederhana serta tidak terpengaruh oleh kondisi alam,” paparnya.

Baca juga : Kartu Tani di Ciamis Terkendala, Ini Kata Akademisi..

Kata Bagja, adapun dalam pengujian ini, energi yang akan dihasilkan adalah energi listrik. Untuk metode perancangannya yaitu dengan menyesuaikan keadaan kondisi ke­seimbangan masa benda sehingga menga­kibatkan perputaran poros dan dapat dijadikan daya mekanik untuk memutar generator.

“Ini pun merupakan bentuk sumbangsih ide pe­mi­kiran dari kami guna keber­maslahatan, terlebih bila proyek ini ditinjau dan dikem­bangkan oleh pemerintah dalam skala yang lebih besar,” tuntasnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.