Sarankan Kaji Ulang Konstruksi Kirmir

13
KERUSAKAN MELUAS. Kirmir Sungai Cibeber dan jalan di Gang Cibeber Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar ambrol baru-baru ini. (cecep herdi / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Ketua Forum Masyarakat Pemerhati Jasa Konstruksi Kota Banjar Asep Malik Kurnia menilai kirmir di Sungai Cibeber Gang Cibeber RT 03 RW 04 Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar tak tepat. Seharusnya, kata dia, posisi kirmir sedikit miring supaya lebih kuat menahan beban.

“Sedangkan saat ini posisinya tegak lurus. Meskipun betonnya kuat, namun lama-kelamaan tetap akan tergerus oleh air sungai sehingga akan cepat ambruk jika konstruksinya tidak benar,” kata dia Rabu (13/2).

Asep meminta dalam perencanaan perbaikan nantinya posisi kirmir yang akan dibangun dikaji kembali. Jika dipertahankan posisinya tegak lurus, masa tahan beban tidak akan lama.

Jangan sampai, konstruksi kembali jebol karena tidak kuat menahan debit air sungai dan tekanan beban dari jalan.

“Dalam penanganan perbaikannya harus diperhitungkan supaya masa konstruksinya bertahan lama,” katanya.

Warga Mekarsari Endin mengatakan jebolnya kirmir Sungai Cibeber hampir 20 meter. “Sekarang sudah dua puluh meter lebih, tanah yang berada di bawah jalan aspalnya habis tergerus ke bawah. Aspalnya juga ikut amblas ke sungai. Jika tidak segera ditangani kerusakan akan terus bertambah dan akibatnya warga tidak bisa lagi melewati jalan ini. Ini saja tadinya mau ditutup tapi sebagian warga menolak karena bingung kalau muter jauh jalannya,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.