Saresehan FKS Pamokolan Ciamis, Jaga Kebersamaan Hindari Konflik Sosial

51
0
KOMPAK. Forum Keserasian Sosial (FKS) foto bersama usai saresehan sosial di Aula Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti, Jumat (11/9). folto

CIAMIS – Forum Keserasian Sosial (FKS) Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis mengelar kegiatan saresehan sosial, Jumat (11/9) di Aula  Desa Pamokolan.

Tema yang diusung membangun keharmonisan sosial dalam keberagaman guna mewujudkan Indonesia aman damai dan sejahtera.

Baca juga : Sejak Mei 2020, 7 Nakes Ciamis Positif Covid-19

Acara tersebut melibatkan aparat desa, lembaga desa dan masyarakat sekaligus  peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi sebagai upaya meminimalisasi konflik sosial akibat perebutan air, apalagi di saat musim kemarau seperti ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Agus Kurnia didampingi Plt Kabid Balinsos Ace Hidayat SIP menjelaskan, Forum Keserasian Sosial yang terbentuk Juli lalu untuk mendukung program Kementerian Sosial RI melalui Dinsos Jabar dan Dinsos Kabupaten Ciamis dalam mengatasi persoalan konflik sosial di masyarakat.

“Salah satu geraknya dengan mengadakan sarasehan di Desa Pamokolan Cihaurbeuti yang melibatkan aparat desa dan masyarakat. Dengan tujuan mempererat tali silaturahmi, menyamakan persepsi, ide gagasan serta menggiatkan gotong royong di berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan di desa, salah satunya pembangunan irigasi,” ujarnya, menjelaskan.
“Kita ketahui bahwa bila tidak diadakan keserasian sosial ini, seringkali di masyarakat banyak terjadi kesalahpahaman hingga menimbulkan konflik,” katanya, menambahkan.

Jelas dia, di masyarakat memang sering terjadi konflik sosial seperti perebutan saluran irigasi untuk mengairi pertanian, apalagi pada saat musim kemarau. “Itu menjadi salah satu potensi konflik sosial di masyarakat.

Maka dari itu, untuk menghindarinya mengadakan kegiatan saresehan keserasian sosial dan membangun saluran irigasi secara gotong royong. Dengan harapan kegiatan ini bisa terus sinergis di masyarakat,” terangnya.

Kepala Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti Drs Aon Nurhakim  menyambut baik dengan diadakannya kegiatan oleh FKS yang menyamakan persepsi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Di antaranya, mengenai kesinergitasan antar masyarakat dalam lembaga desa untuk mendukung program pemerintah dalam berbagai pembangunan di desa.

“Saya yakin dengan diadakan seperti ini, masyarakat lebih sinergis dan salah satunya menghindari konflik sosial di masyarakat,” paparnya.

Baca juga : BPK Segera Audit Dana Covid-19 Ciamis

Pendamping Forum Keserasian Sosial (FKS) Ade Deni mengatakan, dengan kegiatan ini bisa membangun kebersamaan dan sinergitas di masyarakat.

Kemudian akan menumbuhkan rasa gotong royong dalam membangun berbagi infrastruktur. “Tujuan kami itu guna menjaga kondusivitas di masyarakat jangan sampai ada perselisihan hanya gara-gara sepele, seperti perebutan air,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.