Sat Lantas Polres Banjar Mengeluarkan 2.100 Teguran Kepada Pengendara

98
0
PERIKSA. Polwan dari Sat Lantas Polres Banjar memeriksa surat pengendara bermotor yang melintas di perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah Kamis (16/5). (cecep herdi / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Polres Kota Banjar menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2019 secara berkala di beberapa ruas jalan. Dalam operasi yang dilaksanakan sejak 3 Mei hingga Kamis (16/5) itu Sat Lantas telah mengeluarkan 2.100 teguran kepada pengendara.

Kasat Lantas Polres Banjar AKP Dadang S mengatakam selama operasi pihaknya telah menindak atau melakukan tilang terhadap sekitar 600 pengendara roda dua maupun empat.

“Kalau untuk para pengendara yang diberikan teguran sejumlah 2.100-an lebih. Para pelanggar ke­ba­nyakannya adalah kendaraan roda dua yang tidak memakai helm, lupa membawa surat-surat serta knalpot bising,” jelasnya.

Kasat menuturkan Operasi Keselamatan Lodaya dilaksanakan untuk memberitahukan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam mempergunakan kendaraannya.

“Kami mengimbau pengguna kendaraan, khu­susnya di wilayah hukum Kota Banjar agar lebih tertib berlalu lintas dan utamakan pejalan kaki dan jangan lupa untuk mem­per­gunakan helm baik itu penumpang maupun pe­nge­mudinya,” ucap Dadang.

Sementara itu, Dadang menerangkan saat ini anggota Satlantas berhak menilang pelanggar baik sepeda motor atau mobil yang kedapatan pajak PKB tahunan belum diperpanjang atau telat dibayar.

“Dasar penindakan sesuai pasal 288 ayat 1 junto 106 tentang Pengesehan STNK. STNK yang terlambat bayar pajak itu bisa dianggap tidak berlaku karena tidak ada cap pengesahan oleh kepolisian, jadi jika ada pelanggar yang pajak STNK-nya mati itu akan ditilang, dasar hukumnya ada,”kata Kasat Lantas di ruang kerjanya kemarin.

Menurut dia, dulu memang untuk pajak STNK yang belum diperpanjang tidak bisa diberikan tindakan tilang terhadap pengendaranya.

“Aturan sekarang sudah direvisi, jadi kami mengimbau pemilik kendaraan untuk selalu taat dalam berkendara maupun perlengkapan administrasinya termasuk rutin pembayaran PKB tahunan,” kata Dadang. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.