Satgas Covid-19 Kota Tasik Diminta Lebih Aktif

377
0
IST SANKSI SOSIAL. Petugas Satgas Covid-19 memberikan sanksi sosial kepada masyarakat dengan menyapu jalan karena tidak menerapkan protokol kesehatan beberapa waktu lalu.

TASIK – Satgas Penanganan Covid-19 harus bergerak lebih aktif di masa liburan panjang ini. Jangan sampai muncul kembali lonjakan pasien positif khususnya di Kota Tasikmalaya.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Enan Suherlan menyebutkan bahwa meningkatnya mobilitas di masa liburan sebuah hal yang tidak bisa dipungkiri.

Karena setiap orang berhak untuk melakukan aktivitas baik belanja maupun rekreasi. “Tidak bisa juga dilarang,” ungkapnya kepada Radar, Jumat (30/1).

Menurutnya, Satgas harus lebih aktif dalam mengingatkan warga akan protokol kesehatan. Khususnya di tempat wisata, pusat perbelanjaan dan tempat keramaian lainnya.

“Mobilitas meningkat, intensitas pengawasan dari Satgas juga harus menyesuaikan,” katanya.

Setidaknya, kata Enan, petugas harus disebar di pusat-pusat keramaian di Kota Tasikmalaya. Hal itu bisa menjadi pengingat bagi warga untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Setidaknya warga pasti lebih tertib ketika di sekitarnya ada petugas,” ujarnya.

Terlepas dari itu, pihaknya berharap wabah Covid-19 di Kota Tasikmalaya bisa lebih terkendali. Karena kesehatan merupakan kebutuhan dan modal utama bagi masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas.

“Jadi kami juga minta warga bisa tertib protokol kesehatan, supaya kasusnya tidak terus bertambah,” terangnya.

Baca juga : Akademisi dan Masyarakat Cigalontang Tasik Berkolaborasi

Terpisah, Koordinator Sekretariat Satgas Covid-19 Kota Tasikmalaya H Ucu Anwar Surachman menyebutkan pihaknya sudah menggencarkan patroli sejak awal masa cuti liburan.

Setiap pelanggar diberikan sanksi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Tentu kami lebih meningkatkan intensitas patroli ke tempat-tempat keramaian,” tuturnya.

Di akhir pekan, diprediksi tingkat mobilitas lebih tinggi dari hari-hari sebelumnya. Maka dari itu, pihaknya akan mendatangi lokasi-lokasi tertentu dan melakukan rapid test massal.

“Khususnya warga pendatang dari luar daerah,” tuturnya.
Terkait lokasi-lokasinya, H Ucu tidak bisa memberi penjelasan lebih detail. Pada prinsipnya, Satgas akan melakukan upaya untuk menekan potensi penularan di akhir pekan masa libur panjang ini. “Rencananya kita mulai besok (hari ini, Red),” pungkasnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.