Satgas Jawara ODF 2019 Melibatkan Masyarakat, Lakukan Pendataan

103
0
Radar Tasikmalaya MENUJU ODF. Tim Satgas Jawara ODF Kelurahan Sukalaksana Kecamatan Bungursari berfose bersama tim monitoring di kantor Kelurahan Sukalaksana, Kamis (16/5).

KOTA TASIK – Satuan Tugas (Satgas) Jawara ODF 2019 Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum sudah bergerak melakukan pendataan kepada setiap kepala keluarga. Mereka melibatkan RT dan RW, terkait kondisi sanitasi.

Lurah Ciakar Ruslan menuturkan Tim Satgas Ciakar bersama dengan kelurahan melakukan koordinasi dengan 11 RW dan 49 RT yang ada di Ciakar. Setiap RT melakukan pendataan untuk mengetahui kondisi sanitasi dari setiap rumah. Data tersebut akan menjadi referensi tindak lanjut pengembangan program, untuk menyukseskan Ciakar sebagai kelurahan ODF menuju Tasikmalaya Kota ODF tahun 2022.

“Dari data yang diserahkan para RT dan RW, ada 1.700 KK dengan cubluk yang masih meresap, 250 KK septictank, 259 keluarga buang ke kolam dan 149 keluarga saluran pembuangan ke selokan,” terang Lurah Ciakar dalam pertemuan dengan Tim Monitoring Jawara ODF 2019, Rabu (15/5).

Dengan data tersebut, Ruslan juga mengatakan Tim Satgasnya akan dibagi menjadi dua tim. Kemudian tim tersebut akan membangun jaringan dari masyarakat, sehingga masyarakat yang sudah mendapatkan sosialisasi bisa bersama-sama membantu dalam menyukseskan program ODF di lingkungannya.

Tim Kelurahan Ciakar, Satgas Jawara ODF Ciakar dan Puskesmas Cibeureum juga akan melakukan sosialisasi soal ODF kepada masyarakat. Dengan begitu, kesadaran masyarakat akan meningkat untuk menjaga lingkungan.

“Bersama masyarakat, Tim Satgas juga bisa membuat program inovasi, sehingga semua masyarakat tahu. Oleh karena itu bersamaan dengan pertemuan tim monitoring ini ada perwakilan RT, RW, LPM, BKM, MUI, TNI, Kapus Cibeureum dan tim serta Masyarakat dilaksanakan deklarasi kelurahan ODF,” ungkapnya.

Lurah Sukalaksana Kecamatan Bungursari Ikin Sodikin mengatakan kelurahannya sudah melakukan berbagai sosialisasi kepada RT dan RW dan kepada masyarakat.

“Bahkan di setiap apel bersama kecamatan pun, Camat Bungursari selalu mengingatkan kepada setiap ASN, agar ikut membantu dalam menyukseskan program Kelurahan ODF menuju kota Tasikmalaya kota ODF tahun 2022,” tutur Lurah Sukalaksana, Kamis (16/5).

Menindaklanjuti program kelurahan ODF tersebut, Ikin juga bersama tim Satgas ODF 2019 Kelurahan Suka­laksana akan melakukan pendataan kepada setiap kepala keluarga yang ada di 11 RW yang terdiri dari 28 RT.

Dia juga menuturkan terkait sanitasi yang aman, dua tahun ke belakang kelurahannya sudah memberlakukan jamban sehat meng­gunakan septictank. Itu merupakan pelaksanaan program rumah tidak layak huni (RTLH). (red)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.