Satgas Sukamajukidul Data Septic Tank Warga

41
0

INDIHIANG – Satuan Tugas (Satgas) Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman (Saniman) Kelurahan Sukamajukidul Kecamatan Indihiang akan menuntaskan pendataan warga yang sudah menggunakan septic tank dan yang belum.

Lurah Sukamajukidul H Deden Wahyu SIP menuturkan, saat ini pendataan sudah mencapai 80 persen di

12 RW dan 54 RT. Sekitar 20 persen lagi akan didata setelah Ramadan. “Dari data yang masuk sementara ada sekitar 40 persen sudah menggunakan septic tank dan sisanya masih ada yang buang limbahnya ke sungai,” ujar Deden dalam pertemuan dengan tim monitoring Jawara ODF 2019 Menuju Saniman, Selasa (21/5).

Deden juga mengatakan yang terpenting dari program ini adalah kesadaran masyarakat dan hal tersebut menjadi target utama. Namun, selain masyarakat sadar akan pentingnya sanitasi aman dengan tidak buang air besar sembarangan juga ada aksi nyata dari masyarakat.

Selain sosialisasi yang dilakukan oleh ustaz dalam kajian Ramadan, pihak Puskesmas Indihiang juga sudah menjadwalkan program pemicuan. Untuk pemicuan ini dilakukan dari sebelum deklarasi dan akan dilanjutkan kembali setelah bulan Ramadan dengan melibatkan Satgas ODF Menuju Saniman.

“Insyaallah kami optimis bisa menyukseskan program ODF Menuju Saniman ini. Bahkan dari dana kelurahan kami juga ada alokasi untuk MCK dan septic tank komunal,” ujarnya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh tim Satgas, Kapus Indihiang dan tim, juga dihadiri oleh Camat Indihiang Nanang Iskandar Z SSos.

Nanang menuturkan sosialisasi ODF bisa dilakukan di setiap RW dan RT. Program ini juga sudah disinkronkan dengan program Kotaku sehingga sejalan.

“Begitu terkait dana kelurahan, sesuai dengan surat edaran bisa dialokasikan untuk ODF dan kami berharap dengan program ini swadaya masyarakat miskin meningkat begitu juga dengan kerja sama semua pihak untuk sukseskan program ini,” tuturnya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.