Satpol PP Bersihkan PKL di Trotoar

5

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAWANG – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan TNI dan kepolisian menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan SL Tobing dan Perintis Kemerdekaan, Rabu (3/10).

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Dinas Satpol PP-Damkar Kota Tasikmalaya Yogi Subarkah menerangkan penertiban ini menindaklanjuti Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2009 tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum). Di dalamnya terdapat penertiban fasilitas umum.

PKL itu ditertibkan karena menghalangi trotoar yang seharusnya digunakan sebagai tempat berjalan. “Sebelumnya PKL ini sudah ditegur dan diberikan surat secara tertulis supaya tidak menghalangi fasilitas umum atau trotoar bahkan sudah diberikan arahan supaya dibongkar terlebih dahulu,” ujar dia.

Sementara dari Jalan SL Tobing dan Perintis Kemerdekaan itu, Satpol PP mencatat ada 80 titik PKL. Sebagian PKL sudah membongkar lapaknya sendiri setelah mendapatkan teguran. “Hanya saja beberapa titik yang masih berada pada badan jalan,” terang Yogi.

Dalam penertiban kemarin, petugas tidak langsung membongkar lapak PKL. Para pedagang masih diberi kesempatan untuk beres-beres sendiri. Apabila pada penertiban berikutnya masih berjualan di trotoar, maka akan langsung dibersihkan. “Ada lima gubuk yang sudah tidak digunakan sehingga kami robohkan dan memang gubuk itu berada di badan trotoar,” kata Yogi. (ujg)

loading...