Satpol PP Menyegel Rusunawa Unsil

425
0
Istimewa MENYEGEL. Kepala Seksi Pengawasan dan Penyidikan yang juga PPNS Dinas Satpol PP dan Damkar Budhi Hermawan menyegel rusunawa Unsil Selasa (31/12/2019).

TAMANSARI – Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Tasikmalaya menyegel gedung rusunawa Universitas Siliwangi (Unsil) di Kampung Cileutik Kelurahan Sumelap Kecamatan Tamansari, Selasa (31/12). Gedung itu terpaksa diberhentikan aktivitas pembangunannya lantaran tidak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

Kepala Seksi Pengawasan dan Penyidikan yang juga PPNS Dinas Satpol PP dan Damkar Budhi Hermawan menyebut dasar penghentian sementara mengacu pada Pasal 105 ayat (1) Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang Bangunan Gedung.

“Pemilik gedung yang sedang melaksanakan pembangunan gedung kemudian melanggar ketentuan, dikenakan sanksi administratif berupa penghentian sementara pada pekerjaan pelaksanaan pembangunan, sampai diperolehnya IMB,” kata dia kepada Radar, Rabu (1/1).

Penghentian itu dilaksanakan akhir tahun, lantaran pihaknya perlu berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Itu untuk memastikan soal IMB rusunawa tersebut. “Maka kami melakukan eksekusi penghentian sementara dan menyegel gedung ini,” tuturnya.

Penyegelan dihadiri camat Tamansari dan jajaran, perwakilan resimen mahasiswa Unsil Tasikmalaya serta penanggungjawab pembangunan. Ketika personel mendatangi lokasi, para pegawai tengah menggarap pembangunan gedung itu.

“Kita harap penanggungjawab gedung bisa segera memproses perizinan, sehingga segel bisa kami buka dan aktivitas pembangunan dapat dilanjutkan,” ujar Budhi.

“Apabila segel penghentian sementara tidak di indahkan, sesuai Perda Nomor 6 tahun 2017 tentang IMB, akan kami kenakan sanksi administrasi dan atau sanksi pidana,” ujar Budhi. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.